Sarana Kesehatan bagi Korban Virus Corona di Pulau Galang, Tambah Persoalan Baru?

  • Whatsapp
banner 468x60

Batam, LiraNews – Rencana Presiden untuk membangun sarana penanganan kesehatan bagi korban virus Corona di pulau Galang, kota Batam, Kepulauan Riau disambut baik masyarakat adat pulau Galang.

“Kami dari Himpunan Masyarakat Adat Pulau-Pulau Rempang Galang (Himad Purelang) sebagai pemohon pensertifikatan atas penggarapan tanah negara di rangkaian pulau-pulau Rempang Galang menyambut dengan baik agar negara bisa memiliki fasilitas khusus untuk penanganan saudara-saudara kita korban penyakit-penyakit yang bersifat endemik di Indonesia, ketimbang negara harus menumpang milik swasta seperti di pulau Sebaru,” ujar Ketua Pendiri Himad Purelang
Iskandar Sitorus, Rabu (4/3/2020).

Dia menjelaskan, fasilitas eks pengungsi Vietnam di pulau Galang, kota Batam provinsi Kepulauan Riau yang dibangun oleh UNHCR kemudian sudah diserahkan kepada pemerintah RI adalah salah satu target yang terdekat dengan harapan tersebut.

Tetapi perlu diperhatikan dengan bijaksana dan teliti bahwa saat ini disekitar kawasan tersebut sudah sangat padat dengan pemukiman penduduk. Itu ideal untuk menjadi perhatian yang utama bagi Presiden Jokowi.

“Jangan malah niat yang baik untuk mengatasi sesuatu persoalan penting namun malah akan menimbulkan persoalan baru. Karena persoalan sebelumnya di sana yang terkait pertanahan saja masih juga belum selesai sampai dengan hari ini,” terangnya.

Jikalau diperlukan, lanjutnya, maka dengan senang hati pihaknya akan berupaya turut untuk membantu agar sesegeranya niat mulia itu terwujud. Apalagi jika timbul pemahaman yang berbeda dari para penggarap di sana.

“Kami akan dengan senang hati berupaya bersama dengan pemerintah untuk mencarikan solusi yang tidak merugikan rakyat,” katanya.

Pihaknya juga memohon agar bersamaan dengan rencana besar tersebut, maka terhadap permohonan pensertifikatan yang diajukan sejak tahun 2010 oleh Himad Purelang ke Kementerian Agraria dan Tata Ruang, bisa dibantu realisasinya oleh Presiden Jokowi.

“Sehingga para penggarap bisa memiliki pilihan-pilihan terbaik jikalau pemerintmewujudkan pembangunan tersebut,” pungkasnya. LN-TIM

banner 300x250

Related posts

banner 468x60