Satgas Yonif RK 751/VJS Ikuti Upacara Adat Bakar Batu Bersama Masyarakat Walesi

Gravatar Image
  • Whatsapp

Jayawijaya, Liranews – Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS Pos Walesi menghadiri dan mengikuti upacara adat bakar batu bersama masyarakat Walesi dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 H, bertempat di lingkungan Pondok Pesantren Al-Istiqomah, Distrik Walesi, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Rabu (21/7/2021).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Suku Walesi Bapak Saddiq Asso, Tokoh Masyarakat Walesi H. Abu Hanifa, Dansatgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi S.I.P, dan seluruh komponen masyarakat Distrik Walesi.

Read More
banner 300250

Upacara bakar batu adalah ritual memasak bersama dengan menggunakan batu yang panas, tradisi ini merupakan salah satu tradisi penting di Papua yang bertujuan untuk mengumpulkan masyarakat, mengungkapkan rasa syukur, dan menjalin keakraban antar warga.

Sebagaimana lazimnya, upacara ini diselenggarakan menggunakan sajian daging babi namun kali ini diwilayah Distrik Walesi, Kabupaten Jayawijaya, acara adat bakar batu ini menggunakan sajian daging sapi dan ayam, mengingat mayoritas masyarakat Walesi beragama Muslim.

Kaum laki-laki mulai memadati tempat acara sejak pagi hari untuk membakar batu yang akan digunakan untuk memasak dan kaum perempuan mempersiapkan sayur-sayuran. Sementara anggota Pos Walesi Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS membantu pengambilan daging sapi dan logistik lainnya di Kota Wamena.

Rangkaian acara diawali dengan pembukaan, pembacaan tahlil dan doa, sambutan-sambutan, dan ditutup dengan acara makan bersama.

Kepala Suku Walesi Bapak Saddiq Asso dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran warga masyarakat dalam acara ini. “Terima kasih yang sebesar-besarnya atas antusias masyarakat dalam acara adat bakar batu untuk merayakan Idul Adha tahun ini,” ucapnya.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS yang sudah membantu kendaraan dan tenaga untuk pengambilan dua ekor sapi dan logistik,” ujar Bapak Saddiq Asso.

Dalam acara ini, Dansatgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS Letkol Inf Dedy diberikan kesempatan oleh Bapak Kepala Suku untuk memperkenalkan diri dan memberikan sambutan.

Dansatgas didampingi seluruh Perwira Staf Satgas menyampaikan ungkapan bangganya kepada seluruh masyarakat Walesi yang sudah menerima kedatangan Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS dengan tangan terbuka. “Saya bangga dengan antusias warga masyarakat Walesi dalam menyambut kami melaksanakan Satgas disini,” ungkapnya.

“Saya berharap kehadiran Satgas kami disini bisa benar-benar memberikan solusi untuk membantu masyarakat Walesi,” kata Dansatgas.

Related posts