Sebut Demo Buruh Disponsori, Jusuf Rizal Tantang Airlangga Buka-bukaan

  • Whatsapp
HM. Jusuf Rizal vs Airlangga Hartarto
banner 468x60

Jakarta, LiraNews – Pernyataan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bahwa aksi demo Pekerja dan Buruh Tolak UU Omnibus Law didanai dan ditunggangi kelompok tertentu membuat Serikat Pekerja (SP) geram.

Bahkan Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja Transport Seluruh Indonesia (FSPTSI), HM. Jusuf Rizal mengajak Airlangga untuk buka-bukaan, siapa pendana demo yang dimaksud.

“Airlangga jangan asal bicara dan melemparkan tuduhan Yang menyebutkan aksi demo Pekerja dan Buruh Tolak UU Omnibus Law didanai dan ditunggangi. Itu membuat pekerja dan buruh marah,” tegas HM. Jusuf Rizal kepada media di Jakarta.

HM. Jusuf Rizal,Federasi Serikat Pekerja Transport Seluruh Indonesia (FSPTSI) bersama para pekerja, buruh, mahasiswa, Ormas dan elemen masyarakat Tolak Omnibus Law Cipta Kerja

Jusuf Rizal yang juga Presiden LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) juga mengingatkan bahwa para pejabat jangan asal melontarkan tuduhan tidak berdasar. Sebab hal itu akan melukai hati rakyat.

“Makanya saya minta Airlangga harus beberkan siapa pendana. Para pekerja dan buruh merasa tidak nyaman dan geram dengan tuduhan itu. Padahal aksi itu murni dan mandiri. Jika Airlangga tidak dapat membeberkan, kami akan melakukan langkah hukum dan melaporkan ke penegak hukum atas dasar penyebaran hoaks,” tegas Jusuf Rizal.

Pria berdarah Madura-Batak itu menyebutkan gerakan aksi demo tolak UU Omnibus Law itu murni dari lapis bawah. Mulai dari PUK hingga pengurus Federasi serta pengurus diberbagai daerah. Jika disebutkan didukung Federasi Besar, bisa jadi itu “Cek Kosong”. Di atas dukung, tapi di bawah menolak.

“Karena itu, kami meminta Airlangga bisa membuktikan ucapannya agar tidak jadi fitnah. Seakan pekerja dan buruh demo bayaran. Itu membuat saling curiga diantara pekerja dan buruh. Airlangga terkesan juga mau memecah belah para pekerja dan buruh,” ungkap Jusuf Rizal yang juga Ketua Tim Relawan Pekerja Buruh Jokowi-KH.Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019.

Seperti diberitakan, Airlangga melontarkan sangkaan terhadap aksi Tolak UU Omnibus Law yang dilakukan pekerja dan buruh diberbagai kota, karena pemerintah sangat kesal dengan aksi demonstrasi rakyat di tengah pandemi Covid-19.

“Sebetulnya pemerintah tahu siapa behind (di belakang) demo itu. Jadi kita tahu siapa yang menggerakkan. Kita tahu siapa sponsornya, kita tahu siapa yang membiayainya,” kata Airlangga dalam acara sebuah televisi, Kamis (8/10).

Airlangga mengklaim bahwa UU sapu jagat ini didukung oleh seluruh lapisan masyarakat termasuk kalangan buruh. “Jadi pemerintah tidak bisa berdiam hanya untuk mendengarkan mereka yang menggerakan demo dan jumlah federasi yang mendukung UU Ciptaker ada empat federasi buruh besar,” kata Airlangga.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60