Sekjen MOI: Pengurus MOI Tidak Produktif Mundur, Itu Bagus

  • Whatsapp
Launching MOI Institute di HUT ke-2 MOI
banner 468x60

Jakarta, LiraNews —Sekjen Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Media Online Indonesia (MOI), HM. Jusuf Rizal menilai biasa saja atas keputusan mundur yang diambil dua pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) MOI belum lama ini.

Bahkan Jusuf Rizal menilai mundur adalah keputusan yang bagus, manakala kinerja yang bersangkutan memang tidak maksimal.

Read More

banner 300250

“Kenapa saya katakan bagus (mundur), sebab itu mempermudah DPP MOI melakukan konsolidasi organisasi ke daerah, apalagi yang mundur termasuk yang berkinerja kurang begitu prima. Sebagai Sekjen MOI, saya bersyukur pada Tuhan,” tegas Jusuf Rizal saat dimintai tanggapannya oleh awak media, Kamis (3/12).

Sebagaimana diketahui, ada dua Ketua DPW MOI mundur dari Pengurus MOI yaitu Ketua DPW MOI DKI Jakarta Prayogie dan Ketua DPW MOI Jawa Tengah, Didik Hargiyanto. Sebelumnya, M. Taufik telah mengundurkan diri sebagai Ketua Dewan Penasehat DPP MOI.

Jusuf Rizal yang sudah kenyang makan asam garam berorganisasi mengingatkan, dalam organisasi yang progresif, sudah biasa jika ada yang mundur dan ada yang masuk.

Makanya muncul istilah yang populer “Satu hilang, seribu berganti”. Ia juga tidak merasa risau walau ada yang mundur, karena organisasi MOI tetap berjalan normal sebagaimana biasa.

Pria berdarah Madura-Batak yang juga Presiden LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) itu menyebut manuver gerakan ini sudah dibacanya sejak lama.

Itu terkait rencana Ketua Umum MOI, Rudi Sembiring Meliala untuk membuat wadah wartawan (Persatuan Wartawan Media Online Indonesia / PWMOI) di bawah MOI.

Agar tidak memunculkan perpecahan, kemudian gagasan untuk membentuk PWMOI di bawah MOI dibatalkan, meskipun tujuannya adalah untuk membesarkan MOI.

Semestinya hal tersebut sudah selesai. Namun kelompok kepentingan rupanya memainkan ini sebagai bola panas, bahkan mau membuat Munaslub tak berdasar.

“Sebagai Sekjen MOI, selama organisasi dijalankan sesuai konstitusi, saya patuh kepada perintah Ketua Umum MOI, Rudi S. Meliala. Jika ada yang mencoba bermain api dengan melanggar konstitusi dan mau merusak organisasi, siapapun itu tentu kita akan hadapi,” tutur Jusuf Rizal.

Mundurnya beberapa orang kepengurusan MOI, baik di tingkat Pusat maupun di tingkat Wilayah, sama sekali tidak membuat Sekjen MOI menjadi risau. DPP MOI telah mempersiapkan berbagai rencana menghadapi gejolak yang ditimbulkan kelompok kepentingan yang ingin membonsai MOI.

“Sebagai Sekjen bersama Ketua Harian, Siruaya Utamawan, Bendum Hj. Candra Manggih dan Jajaran Pengurus DPP MOI yang sevisi, akan tetap bersama-sama mendukung kepemimpinan Ketua Umum MOI, Rudi S. Meliala,” ungkap Jusuf Rizal.

“Kami terus melakukan konsolidasi menjalankan amanat Rakernas mempersiapkan MOI menuju menjadi Anggota Dewan Pers awal tahun 2021,” imbuh pria aktivis pekerja dan buruh itu.

Ketua Presidium Relawan Jokowi-KH. Ma’ruf Amin The President Center pada Pilpres 2019 itu lantas menambahkan, bahwa mundurnya kedua Ketua DPW MOI itu justru menguntungkan DPP MOI.

Karena keberadaannya selama dua tahun seperti mati suri. Nato (No Action Talk Only). DPP MOI sudah siapkan figur pengganti agar mampu mendukung program MOI menjadi anggota Dewan Pers.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60