Sekjen PDIP: UIN Sunan Kalijaga Pelopor Persaudaranaan Dunia dalam Keragaman

YOGYAKARTA – PDI Perjuangan (PDIP) memberikan apresiasi kepada UIN Sunan Kalijaga, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di bawah kepemimpinan Rektor, Prof. Dr.phil. Al Makin, S.Ag., M.A.

Hal ini menyusul langkah terobosan yang diambil UIN Sunan Kalijaga memberikan gelar Doktor Kehormatan kepada Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Periode 2021-2026 K.H. Yahya Cholil Staquf; Ketua PP Muhammadiyah Periode 2005-2010 dr. Sudibyo Markus, M.B.A.; dan Presiden Badan Kepausan untuk Dialog Lintas Agama Vatikan Cardinal Miguel Angel Ayuso Guixot, M.C.C.J.

Read More

“Melalui perguruan tinggi, agama dan ilmu pengetahuan bersama-sama memperjuangkan bekerjanya kemanusiaan dengan menebar kebaikan,” kata Hasto yang hadir di penyematan gelar HC di UIN Sunan Kalijaga, Senin (13/2/2023).

Hasto menjelaskan, pemberian gelar tersebut menunjukkan luasnya cakrawala berpikir UIN Sunan Kalijaga yang semakin mengukuhkan jati dirinya sebagai jembatan persaudaraan dunia dalam keragaman kemanusiaan.

“PDI Perjuangan merasa bangga, bagaimana UIN Sunan Kalijaga menjadi pelopor perjuangan kemanusiaan dengan mengedepankan toleransi, persaudaraan sejati seluruh umat manusia sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa, sebagaimana disampaikan dalam Al-Quran Surat Al-Hujarat ayat 13 yang dibacakan pada saat pembukaan,” jelas Hasto.

Hasto yang meraih gelar doktoral di Universitas Pertahanan (Unhan) RI berharap apa yang telah dilakukan UIN Sunan Kalijaga dapat menjadi inspirasi perguruan tinggi Indonesia lainnya tentang pentingnya membangun kerja sama internasional.

“Dan menjadikan perguruan tinggi sebagai pelopor pembangunan peradaban Indonesia untuk dunia,” tuntas Hasto Kristiyanto, Sekjen DPP PDIP.

Related posts