Sering Nyolong Udang, Lelaki Inisial S Digelandang Polres Probolinggo

Gravatar Image
  • Whatsapp
Suparno, diborgol Polisi

Probolinggo, LiraNews – Suparno (43 tahun) harus berurusan dengan aparat penegak hukum lantaran diduga mencuri udang di sebuah tambak milik Sa’id, warga Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Probolinggo, Jawa Timur.

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi, menjelaskan, Suparno merupakan warga Dusun Karanganom, Desa Karanganyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo yang selama ini berprofesi sebagai penjaga tambak.

Read More
banner 300250

AKBP Teuku Arsya menjelaskan, Suparno diduga sering mencuri udang di tambak tersebut. Tak hanya mencuri, pelaku juga sering minta upah keamanan kepada pemilik tambak. Bahkan ia tak segan-segan meracuni tambak udang tersebut jika upah setiap bulannya Rp1 juta tidak kunjung diberikan.

“Ini merupakan tindakan premanisme,” tegas Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya.

Kronologis

Kejadian itu bermula dari laporan salah satu karyawan tambak udang milik Sa’id yang melihat seseorang mencuri udang dengan bukti jala serta timba ditangannya, kemudian pencuri itu berlari saat kepergok.

Ketika dicek, karyawan itu ternyata mengenal orang tersebut yang merupakan penjaga tambak bernama Suparno.

Mengetahui kejadian itu, Sa’id pun melapor ke polisi setempat, dan tak butuh lama Polisi langsung mengamankan Suparno.

Adapun Kasat Reskrim Polres Probolinggo, AKP Rahmad Ridho Satrio, menjelaskan pelaku bukan satu kali melakukan pencurian, tapi sudah 13 kali. Pelaku juga bukan penjaga resmi tambak namun pelaku sendiri yang menawarkan diri untuk menjaga.

“Dia (Suparno) meminta sejumlah imbalan yaitu Rp1 juta perbulan. Jika tidak diberi pelaku tak segan segan meracuni dan mencuri udang yang di tambak. Dalam kasus ini pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP, dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara,” tegas AKP Rahmad Ridho Satrio.

 

Related posts