Soal Toko Modern, Pemkab Bangkalan Diminta Lebih Terbuka

  • Whatsapp
banner 468x60

Bangkalan, LiraNews – Bupati LIRA Kabupaten Bangkalan, Mahmudi Ibnu Khotib meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan lebih terbuka dalam menerima investor untuk menanamkan modalnya di kota salak.

Karena, kata pria asal Galis itu, investor sangat berkontribusi dan menguntung untuk kemajuan Bangkalan. Menurut dia, jika Pemkab menutup para investor untuk berinvestasi di Bangkalan itu sangat merugikan dan tidak sesuai dengan tigeline Pemkab untuk mempermudah perizinan investasi.

“Jika Pemkab menyetop perizinan pendirian toko modern itu tidak sesuai dengan yang digembar-gemborkan selama ini,” kata Mahmudi, Rabu (18/2/2020).

Mahmudi mencontohkan, seperti pendirian toko modern. Menurutnya, investor yang akan menanamkan modalnya berbentuk toko modern sangat menguntungkan Pemkab Bangkalan dalam bentuk penambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Selain itu, sangat mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. “Kita tidak boleh munafik, keberadaan toko modern ini sangat bermanfaat bagi kita, buktinya kita sering bertransaksi disana,” ujarnya.

Namun, Bapati LIRA Bangkalan itu mengatakan, meski keberadaan toko modern mengancam pasar tradisional, jika dalam pendiriannya memperhatikan peraturan yang telah ditetapkan, maka akan tetap sama-sama berjalan dan menguntungkan.

“Tapi jangan mengesampingkan Perda nomor 5 tahun 2016 tentang Perlindungan Pasar Rakyat dan Penataan Pasar Modern, itu juga harus diperhatikan,” katanya.

“Jika kerjasama toko modern dengan UMKM dijalankan dengan baik, ini pasti sama-sama menguntungkan,” imbuh Mahmudi.

Sebelumnya, Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron mengatakan, akan menindak tegas dengan cara tidak memperpanjang kontrak toko modern yang tidak mematuhi Perda nomor 5 tahun 2016 tentang Perlindungan Pasar Rakyat dan Penataan Pasar Modern tersebut.

“Kita sekarang selektif untuk ijin toko modern baru, untuk (toko modern) yang lama nanti kita kaji kembali, kalau toko modern ini melanggar peraturan, maka tidak akan kita perpanjang,” ungkap Bupati. LN-SD

banner 300x250

Related posts

banner 468x60