Sufmi Dasco Pastikan Sidang Tahunan MPR RI Tetap Terapkan Protokol Covid-19

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews – Sidang Tahunan MPR RI yang akan digelar esok hari, Jumat (14/8/2020) di Kompleks Parlemen, Senayan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut lantaran sidang tahunan itu diselenggarakan di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad ketika dimintai keterangan oleh para wartawan mengatakan, Sidang Tahunan MPR RI esok itu kombinasi fisik dan virtual.

Read More

banner 300250

“Jadi tidak semua anggota MPR/DPR datang dan memang sudah dipilih mewakili fraksi-fraksi dan tentunya dengan protokol Covid-19 yang ketat,” kata Sufmi di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (13/8/2020).

Sufmi menyatakan, semua anggota MPR/DPR RI yang besok telah masuk dalam daftar hadir, wajib sudah menjalani SWAB test untuk menjaga keamanan semua.

“Seperti juga para rekan-rekan wartawan dan juga para pengamanan juga melakukan SWAB test mematuhi protokol Covid-19 yang akan diterapkan selama acara berlangsung,” ungkap politisi Partai Gerindra ini.

Sufmi memperkirakan, yang hadir di ruangan tidak terlalu banyak, hanya sekitar 300 orang.

“Hal itu karena tidak semua pimpinan/lembaga diundang untuk menghadiri acara ini, dan tidak ada kepala daerah yang diundang,” tuturnya.

Jadi, lanjut Sufmi, kita betul-betul melaksanakan protokol kesehatan.

“Tetapi, secara virtual undangan tetap dikirimkan untuk para hadirin yang ingin mengikuti pidato kenegaraan dan pertanggung jawaban Presiden maka bisa mengikuti,” jelasnya.

Untuk pengamanan sendiri, Sufmi mengungkapkan, akan melibatkan semua pihak terutama dari pihak keamanan DPR RI, kemudian Paspampres, serta PAM Obvit VVIP terutama dari Kemenkes juga menurunkan personelnya.

“Hal ini karena ini bukan hanya pengamanan fisik saja, namun juga pengamanan untuk penerapan ketepatan protokol Covid-19,” sambungnya

Mengenai pidato tahunan sendiri, menurut Sufmi, nantinya tidak ada yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Pidato kenegaraan dan pidato dari pimpinan MPR, DPR, dan DPD RI serta ada juga laporan kinerja dan pertanggungjawaban dari lembaga-lembaga tinggi yang lain,” tukasnya.

Sufmi memastikan durasi sidang tahunan besok dipersingkat karena adanya protokol Covid-19.

“Karena adanya protokol tersebut maka ada penyederhanaan beberapa protokol tetapi, saya pikir hal itu tidak mengurangi makna dari acara tersebut,” ucapnya.

Vaksin Anti-Virus Corona

Sementara itu mengenai vaksin anti-virus corona yang telah diklaim ditemukan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin, Sufmi berpendapat, Indonesia juga sedang membuat penelitian tentang vaksin anti-virus corona juga.

“Ada kemungkinan besar nanti pada pertengahan tahun depan sudah bisa diedarkan,” ujarnya optimistis.

Kemudian, tambah Sufmi, ada juga vaksin dari Tiongkok yang sedang diuji klinis juga di Indonesia, yakni Sinovac.

“Nanti kita lihat kalau memang vaksin Rusia sudah terbukti dan memang banyak dipakai ya mungkin nanti bisa dimanfaatkan juga,” pungkas legislator asal Dapil Banten 3 ini. LN-RON

banner 300x250

Related posts

banner 468x60