Sumbar Ikuti 4 Cabang HBA Championship di Malang

Gravatar Image
  • Whatsapp

Padang, LiraNews – Ketua Komisi HBA Horseback Archery (HBA) Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Ir. Darma Hendra,, ST. MT. IPP. CST optimis, atlet panah berkuda Sumatera Barat dapat menempatkan diri ditempat terhormat, pada Kejurnas Kompetisi “Pordasi Horseback Archery Championship 2021, 27 Februari 2022, Malang, Jawa Timur”.

Hal itu diungkapkan Darma Hendra  kepada Liranews.com di Padang Rabu (12/01/2022), sehubungan semakin gencarnya porsi latihan atlet panah berkuda Sumbar yang dipusatkan di lapangan pacuan kuda Paguah Duku Banyak Kabupaten Padang Pariaman.

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pordasi HBA Championship itu sendiri dilangsungkan di Lapangan Tembak Bedali Kecamatan Lawang Kabupaten Malang Jawa Timur, Minggu (27/2/2022) mendatang.

Menurut Darma Hendra yang juga salah seorang pengurus DPW LSM LIRA Sumatera Barat, seleksi yang digelar di gelanggang kuda Paguah Duku Banyak Kabupaten Pariaman khusus kategori cabang HBA untuk kategori serial shoot style dan Indonesian style.

Sedangkan seleksi di lapangan panahan Sungai bangek Kota Padang untuk cabang ground dengan kategori 70 meter putra dan 40 meter putri.

Terkait kejurnas HBA Championship di Malang, Ketua Komisi V HBA PP Pordasi Brigjen TNI Agape Zacharia RD,SE telah mengeluarkan surat edaran nomor : 008/ARCHER/XII/2021 tertanggal 17 Desember 2021 tentang kegiatan tersebut kepada Pengprov Pordasi se Indonesia.

Kejurnas itu sendiri direncanakan mempertandingkan ketegori Horseback Archery serial Shoot, Horseback Archery Indonesia Style, Flight shoot U50 LBS, Flight shoot Unlimited, Ground Archery putra 70 M dan Ground Archery putri 40 M.

Menjawab pertanyaan Liranews.com tentang kemungkinan perolehan medali emas di Malang, Darma Hendra tak mau komentar banyak soalnya sekecil apapun lawan, kita harus melihatnya sebagai lawan tangguh, jadi yang perlu ditanamkan kepada atlet adalah semangat bertanding yang betul mempunyai nilai juang yang tinggi.

Disisi lain, Darma Hendra menyebutkan bahwa pihaknya untuk mengikuti event Nasional bakal menghabiskan dana sekitar Rp. 78.510.000, dimana kebutuhan dana sebesar itu meliputi kebutuhan sewa kuda dan kebutuhan konsumsi lainnya. Kebutuhan dana sebesar itu sudah diajukan ke KONI Sumbar.

Rencananya, HBA Pordasi Sumbar, akan mengirim 10 atlet yang akan bertanding di kelas HBA On Horse 3 orang, HBA On Ground putra 3 orang dan HBA On Ground Putri 3 serta untuk Flight Shoot, 1 orang, berikut 1 orang official dan 1 orang pelatih. LN-Erisman

Related posts