Sumut Gelar Pelatihan Kader Penggerak Kepemimpinan Lsm Lira

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:

LiraNews.Com

Bagikan:

Medan, LiraNews.com — Presiden LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat), HM. Jusuf Rizal mengatakan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) LSM LIRA Sumut akan menggelar Pelatihan Kader Penggerak Kepemimpinan (PKPK) LSM LIRA se Propinsi Sumatera Utara. Pelatihan tersebut dilakukan untuk membantu pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla melakukan pengawasan dalam pembangunan.

“Dewasa ini komitmen pemerintahan Jokowi-JK untuk membangun infrastruktur sangat besar. Begitu juga pengucuran dana untuk bantuan desa yang mencapai Rp. 60 Trilyun. Jika tidak diawasi maka potensi kebocoran akan sangat besar dan merugikan rakyat,” tegas Jusuf Rizal didampingi Gubernur LSM LIRA Sumut, Febri Dalimunthe dan Walikota LSM LIRA Medan, Sam An Lubis kepada media.

Menurut pria berdarah Batak-Madura itu, melalui pelatihan tersebut kader-kader LSM LIRA akan dibekali dengan training Motivasi, Kepemimpinan, Organisasi, Intelijen, Investigasi serta Pelaporan berbagai kasus KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme).

Selain itu juga masalah pendampingan dan pengawasan penggunaan dana desa.
Dikatakan untuk pemateri pelatihan PKPK LSM LIRA tersebut akan mendatangkan pihak-pihak yang berkompeten memberikan materi dan pengarahan.

Menkopolhukam, Wiranto, selaku penanggungjawab Satgas Saber Pungli diagendakan membuka pelatihan. Kemudian dari MPR RI tentang 4 Pilar, BIN (Badan Intelijen Negara), KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Pihak Kepolisian, Kejaksaan serta Motivator Prof.Dr. Marshudi Wahyu Kisworo, M.Sc yang juga Rektor Perbanas.

“Kami ingin membekali kader-kader LSM LIRA agar dapat menjadi kader yang Profesional, Modern dan Mandiri dalam bekerja. Dengan demikian mereka akan dapat menjadi mitra strategis pemerintah, namun tetap kritis dan independen,” tegas Jusuf Rizal yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Bidang OKK KSPSI (Konfederasi Serikat Pekerja Transport Seluruh Indonesia) itu.

Sementara itu Gubernur LSM LIRA Sumut, Febri Dalimunthe ketika diminta tanggapannya tentang pelaksanaan Pelatikan PKPK LSM LIRA itu mengatakan sangat siap untuk menjalankan program DPP LSM LIRA. Program pelatihan ini juga akan digelar diseluruh propinsi di seluruh Indonesia. Bagi mereka yang mengikuti akan diberikan piagam dan pin kepesertaan kaderisasi.

“Secara prinsip DPW LSM LIRA Sumut siap melaksanakannya. Diharapkan KSB (Bupati/Walikota, Sekretaris dan Bendahara), Camat, Lurah dan Kepala Desa LSM LIRA se Sumatera Utara akan ikut pelatihan,” tegasnya secara optimis. Diagendakan kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2017.

Menurut catatan Redaksi, LSM LIRA merupakan LSM yang didirikan HM. Jusuf Rizal sejak tahun 2004 dan telah berhasil meraih rekor Muri, sebagai LSM Terbesar dan Terbanyak cabangnya di Indonesia, 34 Propinsi dan 470 Kabupaten Kota. LSM LIRA konsisten dalam pengawasan pemerintahan dan mendorong transparansi pengelolaan negara/anti Korupsi. LN-RTN

Bagikan:
Komentari Melalui Facebook
Mon May 29 , 2017
LiraNews.Com