Syamsul Maaruf: Berita Langit Bocor Gaduh Penghuni Bumi

  • Whatsapp
banner 468x60

LiraNews, Jakarta — Berita langit tidak boleh di bocorkan dalam bentuk berita bumi, dan jika ahli kasyaf menyampaikan hal itu, biasanya melalu bahasa isyarah dan tidak terang-terangan, mengapa?

Seorang yang kasyaf hanya pada derajat mahfudz bukan maksum. Mahfudznya seorang kasyaf masih berpotensi melakukan kekeliruan.

Berbeda dengan maksumnya nabi, jika akan berbuat sesuatu yg keliru maka langsung diingatkan oleh Allah. Tapi seorang kasyaf bisa saja melakukan kekeliruan hanya setelah itu akan menyadari kekeliruannya dan langsung bartaubat kepada Allah.

Mengapa seorang Kasyaf secara etika tidak dibenarkan membocorkan berita langit secara terang-terangan?

Karena seorang kasyaf akan menjaga diri dari sifat sumah dan syuhrah. Ia akan selalu menghindari dari sifat ingin popularitas atau Ia tidak ingin berita langitnya dimanfaatkan oleh orang yg masih mau berurusan dengan persoalan keduniaan (masih suka dengan harta, tahta dan popularitas).

Dan sering kali berita langit itu jika dibocorkan akan membuat gaduh penghuni bumi. Oleh karenanya berhati-hati dengan berita langit, apalagi jika dikaitan dengan urusan politik dan kekuasaan.

Samsul Maarif, Wakil ketua PWNU DKI

banner 300x250

Related posts

banner 468x60