Tabisan Tiga Imam Baru, Warga Intan Jaya Sambut Sekjen KWI dengan Antusias dan Penuh Kedamaian

Gravatar Image
  • Whatsapp
Sekjen Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) sekaligus Uskup Keuskupan Bandung Mgr. Antonius Subiyanto Bunjamin, OSC bersama Administrator Keuskupan Timika Pastor Marthen Ekowaiby Kuayor disambut meriah saat menginjakan kaki di bumi Intan Jaya, Papua, Senin (11/10).

Intan Jaya, LiraNews – Sekretaris Jenderal Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) sekaligus Uskup Keuskupan Bandung Mgr. Antonius Subiyanto Bunjamin, OSC mendapat sambutan sangat meriah saat menginjakan kaki di bumi Intan Jaya, Papua, Senin (11/10).

Uskup Anton tiba di Bandar Udara Bilorai, Sugapa, Intan Jaya bersama Administrator Keuskupan Timika Pastor Marthen Ekowaiby Kuayor. Kehadiran Uskup Anton ke Intan Jaya adalah dalam rangka tabisan Tiga Imam baru asal Intan Jaya.

Read More
banner 300250

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Intan Jaya Yoakim Mujizau menjelaskan penyambutan berlangsung sangat meriah, aman dan kondusif.

“Bagaimana pun ini adalah peristiwa besar dan berahmat buat umat dan masyarakat Intan Jaya. Tiga Imam baru ini adalah putra daerah Intan Jaya dari Suku Moni dan Mee. Maka wajar umat menyambut gembira peristiwa ini,” ungkap Yoakim dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (11/10/2021).

Kehadiran Sekjen KWI ke Intan Jaya kata dia adalah juga kerinduan umat dan masyarakat yang selama ini banyak menjadi pemberitaan publik. Kabupaten Intan Jaya diketahui mayoritas menganut agama Katolik.

“Baik juga bahwa beliau mengunjungi kami di sini sehingga bisa melihat sendiri situasi di Intan Jaya saat ini. Jadi kami tentu sangat senang beliau bisa hadir di tengah-tengah kami dalam rangka tabisan ini,” lanjut Yoakim.

Terkait acara ini sendiri ungkap Yoakim, pihak Pemda bersama Gereja dan Masyarakat serta TNI dan POLRI sudah sejak lama bekerja sama untuk memastikan agar agenda besar ini berjalan kondusif.

Yoakim menegaskan, gangguan keamanan di Intan Jaya yang selama ini banyak diberitakan dapat dipastikan bisa dikendalikan dengan baik. Masyarakat bersama Gereja, Pemda dan TNI-Polri sudah berkomitmen untuk menjaga situasi agar kondusif.

“Terbukti hari ini tadi ribuan umat yang hadir menyambut Uskup semuanya tertib dan acara berjalan lancar. Kita harapkan besok sampai acara tabisan selesai juga tetap aman,” lanjut Yoakim yang juga sebagai Ketua Tim Mediasi Konflik Penegakan Hukum di Wilayah Intan Jaya antara TNI/Polri dengan TPN/OPM.

Tiga Imam Baru yang ditabiskan adalah Diakon Fransiskus Sondegau, Diakon Yosef Bunai, dan Diakon Yeskiel Belau. Ikut serta dalam penyambutan hari ini adalah Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni, Para Pastor, Diakon, Suster dan panitia pentahbisan, Dandim Nabire, Letkol Inf A. Pardosi, Kapolres Intan Jaya AKBP Sandi Sultan, Kepala dinas PMK Yoakim Mujizau, Danpos Elang Mayor Cpm Doni Antara, Pabung Kodim Persiapan Mayor Inf. Hardani, Wadayon 521 Mayor Inf. Edy, Danpos Maleo Lettu Inf. Suryo P, Dankin BRIMOB NTT Iptu Arnold, dan Lettu Cpm Aswan.

Dalam acara penyambutan ini Uskup diarak oleh sekitar 5.000-an umat dari bandar udara Bilorai menuju ke lapangan pastoran gereja katolik St Misael dan disambut dengan tarian adat suku moni Kabupaten Intan Jaya.

Related posts