Tak Mau Oposisi, Zulhas: PAN Butuh Banyak Teman

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews – Kongres V PAN telah mengamanatkan Zulkifli Hasan (Zulhas) kembali menjabat Ketua Umum untuk 2020-2025. Ia terpilih melalui proses yang dramatis dan demokratis dalam kongres di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara.

Di tangan Zulhas, banyak yang menyebut arah kebijakan PAN terhadap pemerintahan Jokowi-KH Maruf Amin tak akan ada perubahan. Artinya PAN tak akan menjadi oposisi pemerintah.

Read More

banner 300250

Lantas banyak juga yang bertanya-tanya, bagaimana nasib PAN pada pemilu 2024, jika tetap mendukung Jokowi alias tidak mau jadi oposisi.

“Kalau melihat riak internal, sebenarnya menjadi oposisi itu sangat seksi. Maka kita perlu lihat, bagaimana PAN kalau tidak oposisi,” ujar pengamat politik Ray Rangkuti.

Zulhas sendiri mengakui, Pemilu 2024 akan lebih berat tinimbang 2019. Karena itu, ia mewanti-wanti jangan sampai PAN kalah langkah, karena semua parpol sudah mulai menata diri dan mengambil ancang-ancang.

Ia menyebut Partai Gerindra sudah merapat dengan PDIP. Nasdem pun bergerak dan akan mencoba membentuk satu koalisi baru ketika Surya Paloh berpelukan dengan Presiden PKS Sohibul Iman.

“Orang sudah bergerak jauh mempersiapkan pertarungan 2024 dan peta koalisi sudah mulai terlihat. Tapi kita seperti belum move on, masih melihat persoalan pilpres yang sudah lewat,” ujar Zulhas.

Soal oposisi atau tidak, Zulhas memastikan PAN tak akan mengikuti jejak PKS yang tegas menjadi pengkritis pemerintahan Jokowi.

“Kalau oposisi itu sudah diambil taglinenya oleh PKS. Kalau kita ikut masuk ke isu oposisi yang sudah diambil oleh temen partai PKS, akan sangat merugikan kita kalau kita ikut bergerak ke kanan sekali kita kalah, kalah kita,” ujar Zulhas.

Baginya, PAN harus menjalin hubungan baik dengan partai mana pun, untuk memperbaiki posisi di Pemilu 2024. Atau setidaknya PAN tidak bermusuhan dengan banyak orang.

“Saudara-saudara kita ini adalah multi partai, PAN tidak mungkin sendiri. Menghadapi pilkada tidak bisa sendirian, apalagi pilpres 2024,” tegas Zulhas, Ketua Umum DPP PAN 2020-2025.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60