Tausiyah Sambut Idul Fitri 1440 H, Ini 6 Poin Disampaikan Mui

  • Whatsapp
banner 468x60

LiraNews, Jakarta –– Menyongong datangnya Hari Raya Idul Fitri 1440 H, 2019 M, Dewan Pimpinan Ulama Indonesia Pusat selenggarakan konprensi pers “Taushiyah Dewan Pimpinan MUI Menyambut Idul Fitri 1440 H” di gedung MUI Lantai IV Jalan Proklamasi Cikini Jakarta Pusat, Jumat (31/5/2019).

Acara tersebut dihadiri oleh, tampak pada gambar (ki-ka) KH Abdullah Jaidi (Ketua MUI), KH Muhyiddin Junaedi (Ketua MUI), KH Masduki Baidlowi (Ketua MUI), KH Sodikun (Ketua MUI), Amirsyah Tambunan (Wasekjen MUI), Prof. Huzaemah T. Yanggo (Ketua MUI).

Ketua MUI Bidang Infokom, KH Masduki Baidlowi menyampaikan beberapa hal, dimana surat peryataan tersebut ditandatangani oleh Prof. DR. KH Maruf Amin Ketua Umum MUI bersama Sekjen MUI DR. H Anwar Abbas, M.M, M.Again, isinya sebagai berikut :

Pertama, MUI mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H, 2019 M kepada seluruh umat Islam di Indonesia, teriring doa semoga semua kebaikan dan ibadah selama Ramadhan diterima oleh Allah SWT, taqabalallahu minna waminkum, kulluam wa antum bikhair. Mohon maaf lahir dan bathin.

Kedua, Mengajak kepada umat Islam agar setelah menjalani serangkaian ibadah selama bulan Ramadhan dapat lebih meningkatkan kepatuhannya terhadap ajaran Islam dan kepedulian terhadap sesama, terutama kepada kaum dhuafa, fakir miskin dan anak yatim piatu dengan mengeluarkan zakat fitrah, zakat harta, infaq, sedekah dan wakaf.

MUI menghimbau agar dalam pembagian zakat, infaq dan sedekalah dilakukan dengan mengeluarkannya melalui lembaga yang resmi seperti Badan Amil Zakat  Nasional (Baznas) dan Lembaga Amil  Zakat (LAZ) lainnya.

Namun, apabila hal itu tidak dapat dilakukan dan menyampaikannya langsung kepada para mustahiq, maka harus dilakukan dengan perencanaan yang baik dan benar.
Jika diperlukan dikoordinasikan dengan aparat keamanan terkait, supaya tidak menimbulkan dampak negatif yang tidak diinginkan.

Ketiga, Mengajak kepada seluruh umat Islam di Indonesia untuk menjadikan Hari Raya Iedul Fitri sebagai momentum menjaga kohesi sosial, memelihra perdamaian, serta memperkuat dan memperkokoh ikatan dan hubungan antar sesama saudara, antar sesama masyarakat dan antar sesama warga bangsa.

Terlebih Idul Fitri tahun ini berdekatan dengan agenda politik nasional berupa Pilpres, DPD-RI, DPR-RI dan DPRD tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota. Perbedaan aspirasi politik merupakan hal biasa yang harus dipandang sebagai rahmat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Bukan menjadi penyebab terjadinya saling marah (taghadhub), saling benci (tabaghudh), serta saling mencerca dan mencaci maki (takhashum). Sehingga tercipta suasana politik dan demokrasi yang dilandasi nilai-nilai keadilan, kejujuran, kesantunan dan keadaban.

Untuk itu menjadikan peristiwa 21-22 Mei 2019 sebagai muhasabah dan turut prihatin serta mendoakan agar 8 orang yang wafat mendapat tempat disisiNy serta diampuni dosanya.

Keempat, Mengharapkan kepada pemerintah khususnya kepolisian agar dapat menjamin keamanan dan kenyamanan umat Islam dalam merayakan Hari Raya Iedul Fitri, baik pada saat perjalanan pergi dan pulang mudik, malam takbiran maupun pada saat pelaksanaan Sholat Iedul Fitri dilapangan, Masjid, Surau atau tempat lainnya.

Kelima, Mengimbau kepada para khatib Sholat Idul Fitri untuk, selain menyampaikan pesan peningkatan tentang pentingnya setiap upaya memperkokoh hubungan persaudaraan antar sesama umat Islam (ukhuwah Islamiyah), hubungan persaudaraan antar sesama bangsa (ukhuwah wathaniyah) dan hubungan antar  sesama anak manusia (ukhuwah insaniyah).

Keenam, Menghimbau kepada umat Islam di Indonesia agar dalam merayakan Hari Raya Iedul Fitri tetap mengedepankan dan menjunjung tinggi perilaku terpuji (akhlaq karimah), menjaga keamanan, kenyamanan dan kekhusyuan serta menghindarkan diri dari perilaku yang berlebihan (israf) dan menyia-nyiakan harta (tabdzir).

“Hari raya tahun ini menjadikan kita, umat Islam benar-benar kembali kepada fitrah penciptaan kita sebagai manusia, yaitu tunduk dan patuh dalam beribadah hanya kepada Allah SWT,” pungkas Baidlowi. LN-AZA

banner 300x250

Related posts

banner 468x60