Tenggelam di Laut Sejak Kamis, Satu Korban Ditemukan, Satu Lagi Dalam Pencarian

Buol, LiraNews – Syafrudin (Saprudin alias Tono/43 tahun) yang hilang tenggelam di laut Kelurahan Leok II, Biau, Buol akhirnya ditemukan pada Sabtu (5/2/2022).

Syafrudin sebelumnya hanyut terbawa arus laut saat berusaha menyelamatkan putranya bernama Fadlan (12 tahun). Syafrudin dan Fadlan pun dinyatakan hilang tenggelam di laut sejak Kamis, 3 Februari 2022.

Read More
banner 300250

Sejak saat itu, Tim Gabungan Uni Rescue Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buol melakukan pencarian, turun ke laut dengan menggunakan 4 unit speed boat dibantu oleh masyarakat nelayan sekitar Kelurahan Leok 1, Leok 2 dan Kelurahan Buol yang tergabung dalam Tim pencarian korban.

Kemudian pada Sabtu, 5 Februari 2022 sekitar pukul 14.15 Wita, tiga orang Nelayan yang melakukan pencarian memakai perahu menemukan korban dengan kondisi terapung di atas permukaan air laut yang tidak jauh dari titik korban hilang.

Tiga nelayan yang menemukan mayar korban itu adalah Dedi, Adi (keduanya warga Leok 1), serta Fadllan (yang mengangkat mayat dari air ke perahu ).

Tiga nelayan itu pun langsung menaikkan mayat korban ke perahu dan sekitar pukul 14.30 dibawa oleh tim pencarian korban ke rumah orang tua korbandi Kelurahan Leok 2, Biau, Buol, Sulawesi Tengah.

Sesampainya di rumah, pada pukul 15.00 Wita keluarga korban langsung melakukannya proses pembersihan dan pemandian jenazah korban, kemudian dibawa ke Masjid untuk dishalatkan. Lantas menuju tempat pemakaman umum (TPU) Tabodok, Kelurahan Kali, Biau. Korban pun dimakamkan pada pukul 17.20 Wita dengan Jumlah Pelayat sekitar 200 Orang.

Lantas, bagaimana dengan satu korban lagi, yakni Fadlan (Bocah 12 tahun) yang belum ditemukan? Unit Rescue BPBD Buol menyatakan proses pencarian akan terus dilakukan oleh tim gabungan.

Sebelumnya diberitakan, pada Kamis, 3 Februari 2022, seorang bocah Fadlan (12 tahun) dan orang tuanya Syafrudin alias Tono (43 Tahun) hilang terbawa arus laut di sebuah pantai Kelurahan Leok II, Biau, Buol pada Kamis (3/2/2022).

Berdasarkan laporan Tim Rescue Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buol, kejadian itu bermula saat korban (Fadlan Umur 12 Thn) dan teman-temannya, yakni Dimas, Abijar, Anjas, dan Gifar mandi di pinggir pantai laut sekitar pukul 14.00 Wita.

“Mereka mandi hanya sekitar/dekat pantai, tapi kondisi gelombang sangat tinggi sekitar 1 meter, sehingga korban Fadlan dan Anjas hanyut terseret ombak.

Sedangkan Dimas, Abijar, dan Anjas berhasil menyelamatkan diri. Mereka kemudian menyampaikan kepada warga yang ada di sekitar pantai.

Adapun orang tua korban langsung datang berupaya menyelamatkan korban (Fadlan) dan Anjas. Namun hanya Anjas yg tertolong, sedangkan korban (Fadlan) dan orang tuanya (Saprudin) hanyut tenggelam di laut.

Related posts