Terima surpres Panglima TNI, Sufmi Dasco: Komisi I DPR siap lakukan Fit and Proper Test

Jakarta, LiraNews – Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyatakan, dalam waktu dekat Komisi Pertahanan (Komisi I) DPR RI siap melakukan fit and proper test calon Panglima TNI pengganti Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun.

“Ya kita akan lakukan rapat pimpinan (rapim) dan badan musyawarah (bamus) dan pekan depan sekira hari Selasa. Lalu kemudian rangkaian rangkaian fit and proper ada yang harus dilakukan oleh Komisi I yang akan ditugaskan sehingga menurut saya kita akan on the track saja sesuai dengan jadwal yang nanti akan ditentukan oleh rapim dan bamus,” kata Dasco kepada para wartawan, Kamis (2/11/2023).

Read More
banner 300250

Wakil Ketua DPR RI ini memperkirakan kemungkinan waktu fit and proper test Panglima TNI di antara tanggal 15 atau 16 November.

“Saat ini masih disesuakan, kita harus melakukan rapim dan bamus penugasan di rapat paripurnakan kam begitu,” tandas Sufmi Dasco Ahmad.

DPR telah menerima surat presiden (surpres) dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait calon panglima TNI pengganti Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI yang akan pensiun pada akhir November ini. Nama yang diusulkan Jokowi adalah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto.

“Nama yang diusulkan oleh Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto SE, MSI, yang saat ini menjabat sebagai kepala Staf Angkatan Darat,” ujar Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan isi surpres tersebut, Selasa (31/10/2023).

Setelah surpres diterima, DPR akan menugaskan Komisi I untuk menjalankan mekanisme uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test kepada Agus. Mekanisme tersebut maksimal harus dilaksanakan 20 hari setelah surpres diterima pihaknya.

“Karenanya sesuai dengan mekanisme yang ada, DPR akan memulai proses mekanisme di DPR untuk bisa menindaklanjuti surat usulan pengganti calon panglima tersebut sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada di DPR,” ujar Puan.

“Semoga proses ini bisa berjalan dengan lancar dan baik, sehingga dengan demikian Panglima TNI yang akan datang bisa berjalan baik dan tidak akan ada kekosongan panglima TNI yang akan datang,” kata Puan.

Sebelumnya, Agus dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Staf Angkatan darat (KSAD) di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023). Agus menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang memasuki masa pensiun pada akhir November 2023.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *