Terpilih Jadi Ketua Ika, Irwan Janji Akan Perdayakan Alumni

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:

LiraNews.Com

Bagikan:

Palopo, LiraNews.com— Proses pemilihan ikatan alumni (IKA STMN/SMK Negeri 2) Palopo telah usai dilaksanakan dengan mengukuhkan Irwan Bahcri Syam, ST sebagai ketua.

Irwan yang juga merupakan Wakil Bupati Luwu Timur, dalam pidatonya dihadapan para tamu undangan maupun peserta berkomitmen untuk memperdayakan alumni sesuai potensi masing-masing.

” Saya dengan pengurus akan berupaya sekuat tenaga untuk mengembangkan dan memanfaatkan skill (kemampuan) alumni di dunia usaha. Kita akan data para alumni yang sukses maupun yang ada di dunia industri maupun yang sukses di profesinya sekarang ini” tutur Irwan mengawali pidatonya.

Selain itu dirinya juga berjanji akan melakukan kerjasama ke beberapa daerah agar jebolan sekolah teknologi bergengsi yang ada di Sulawesi Selatan tersebut mampu bersaing di dunia industri.

” Banyak alumni yang pandai dan siap jadi tenaga kerja handal. Untuk itu saya akan koordinasikan dengan kepala daerah misalnya Kota Palopo, Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Luwu Timur sendiri, maupun Kabupaten Luwu. Apalagi kebetulan hadir Pak Wali Kota Palopo ditengah-tengah kita,” tegas Alumnus 1996 yang disambut tepuk tangan para alumni.

Pidato Irwan, pria yang pernah mengenyam pendidikan di sekolah teknik yang mengambil jurusan bangunan gedung, sebelumnya mendapat sambutan baik oleh Wali Kota Palopo, HM Judas Amir. Judas pun membeberkan sejumlah peluang alumni.

” Pemkot sangat mengapresiasi langkah ketua Alumni terpilih. Kami pun akan berusaha semaksimal mungkin agar bisa bekerjasama. Apalagi tahun ini ada program kerja kami terkait hal itu. Misalnya pelatihan yang mengikutsertakan sekitar seratus orang lewat pemerintah pusat yang secara keseluruhan ada empat puluh lima ribu. Bahkan Kota Palopo bisa dibilang sebagai pencetus program tersebut,” jelas Judas yang sebelumnya mengaku tidak diundang namun berupaya hadir di acara alumni sekolah teknik ini.

Diakhiri kata, Irwan berpesan kepada alumni baik yang hadir maupun belum sempat hadir dengan jumlah keseluruhannya berkisar lima belas ribuan, agar dapat terus berkoordinasi dengan pengurus IKA dibawah komandonya dan meminta kepada Kepala Sekolah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Palopo agar bisa menyiapkan ruangan untuk sekretariat kegiatan IKA.

Terpisah ditemui salahsatu alumni, Irsyad Djafar, sangat merespon baik. Diapun akan membantu bila dibutuhkan tenaganya untuk program kerja IKA guna pengembangan potensi alumni.

“Saya pada dasarnya mengapresiasi komitmen ketua IKA maupun Pak Wali Kota. Namun perlu ada semacam inventarisasi dan uji kepantasan sebab tidak semua para alumni masih berkecimpung di bidangnya. Ada hal yang perlu dimusyawarahkan apalagi sudah disinggung terkait alumni yang sukses, pendidikan luar semacam pendidikan sistem ganda (PSG) maupun kebijakan daerah,” ujar alumnus 1999.

Bukan tanpa alasan, Irsyad menuturkannya dikarenakan bila masing-masing organisasi baik pemerintah maupun non pemerintah punya standar operasional prosedur (SOP) yang tidak mudah.

” Contohnya kata ketua IKA, untuk masuk ke perusahaan ada syarat minimal satu tahun pengalaman sehingga PSG akan ditambah dari sebelumnya 3 bulan menjadi 1 tahun dengan maksud sudah memiliki sertifikat pengalaman saat lulus, itu program baik namun perlu disesuaikan dengan kurikulum pendidikan,” ucap Aktivis sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Namun Irsyad Djafar yang juga merupakan Sekretaris Wilayah sebuah LSM lumbung informasi rakyat (LIRA) Sulsel, mengaku optimistis dengan komitmen Irwan sebagai ketua IKA.

” Kalau beliau (Irwan), saya kira mampu menahkodainya sebab selain dirinya bagian dari pemerintah juga sebelumnya sebagai pengusaha yang mampu melakukan lobi ke pengusaha. Kan penguasa itu sering berhubungan dengan pengusaha sebagai mitranya. Saya kira ketua IKA periode 2017-2020 Insya Allah sanggup menepati janji atau komitmennya,” pungkas pria yang juga ketua Partai Parsindo Luwu. (LN-IDE)

Bagikan:
Komentari Melalui Facebook
Thu Jun 29 , 2017
LiraNews.Com