Terus Berbuat Untuk Masyarakat, Dinas PUPR Kota Pekanbaru Mulai Normalisasi Sungai Sail Dan Parit

  • Whatsapp
banner 468x60

Pekanbaru, LiraNews
Sungai Sail Kota Pekanbaru sering meluap dan menyebabkan banjir, karena itu sudah kita mulai untuk melakukan normalisasi sungai Sail tersebut, demikian kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution menjelaskan, Sabtu (29/5/2021).

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bersama Badan Wilayah Sungai Sumatra (BWSS) masih mempersiapkan operasional normalisasi.

Kata dia, saat ini dalam persiapan penurunan alat berat ke bantaran sungai.

“Kita juga selesaikan dulu masalah yang ada di bantaran sungai. Ada pembongkaran pada lahan masyarakat,” ujar Indra Pomi.

Menurutnya, salah satu masalah adalah banyaknya lahan dan bangunan masyarakat yang terdampak normalisasi. Bangunan yang berada di bantaran sungai akan dibongkar untuk normalisasi sungai.

“Sekarang proses penyusunan MoU dengan BWSS. Kita lihat lagi titiknya, kalau memang harus dibongkar (bangunan) ya kita bongkar,” jelasnya.

Setelah ditelusuri, ada tiga titik penyempitan pada aliran Sungai Sail. Titik ini berada di Kawasan Perumahan Jondul dan Kuantan Regency. Di sana juga berdiri bangunan tempat tinggal masyarakat.

Lokasi bangunan ini terancam dibongkar dan warga yang terdampak, rencananya akan diberi sagu hati agar mereka dapat pindah dari bantaran sungai.

“Tentu kita juga sosialisasi ini dan kita ingatkan mereka agar bisa pindah dari sana.

Dinas PUPR Kota Pekanbaru juga terus melakukan normalisasi parit yang ada di Kota Pekanbaru.

Salah satunya parit yang berada di Jalan Utama Ujung Kelurahan Simpang 3.

Normalisasi berupa pengerukan ini dilakukan sebagai bentuk upaya mengatasi permasalahan yang timbul akibat musim hujan.

Tak hanya pengerukan, pembongkaran gorong-gorong yang rusak juga dilakukan dengan menurunkan alat berat guna mempermudah pekerjaan.

Dengan dilakukannya pengerukan, diharapkan aliran air tidak lagi terhambat dan parit mampu menampung volume air yang cukup banyak di saat hujan turun. LN-Boma

banner 300x250

Related posts

banner 468x60