Tips Bang Japar Agar Rumah Aman Saat Dtinggal Mudik

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews.com – Lebaran 2017 sudah hampir tiba dan banyak orang sudah mulai mudik ke kampung halaman masing-masing. Saat mudik, tentu saja rumah kita dalam keadaan kosong kan?

Nah, saat meninggalkan rumah untuk beberapa saat seperti saat mudik lebaran memerlukan perhatian khusus karena biasanya banyak oknum penjahat yang menggunakan situasi seperti ini untuk mencuri.

“Maklum saja, rumah banyak yang kosong ditinggal para penghuninya mudik kerap menjadi sasaran empuk para maling dan banyak yang berpotensi menyebabkan kebakaran juga,” ujar Ketua Umum Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar), Fahira Fahmi Idris, SE, MH.

Berikut tips agar rumah aman ditinggal saat mudik, dari BANG JAPAR yang bisa di ikuti :

1. Hindari melakukan hal yang mengindikasikan rumah kita sedang kosong, misalnya lampu teras yang menyala 24 jam. Kita bisa memasang lampu otomatis yang bisa menyala dan mati dalam waktu yang telah diset sehingga rumah kita terlihat seperti ada orang di dalamnya. Selain itu, letakkan juga sandal di luar rumah dan jika ada, hentikan langganan koran selama kita tak di rumah. Koran yang menumpuk di depan rumah bisa mengindikasikan bahwa rumah kita tengah kosong.

2. Matikan aliran listrik pada peralatan rumah yang dianggap tidak perlu seperti AC, kulkas dan TV.

3. Cabut selang di kompor gas rumah kita untuk menghindari bahaya kebakaran.

4. Cek keadaan semua pintu dan jendela rumah. Jika perlu pasang kunci tambahan agar merasa yakin rumah kita tertutup rapat selama ditinggal mudik.

5. Beritahu tetangga jika rumah kita dalam keadaan kosong karena ditinggal mudik dan Jangan lupa juga titip kepada tetangga untuk melihat-lihatkan rumah kita selama kamu mudik.

“Mari Jaga Wilayah Kita, Jaga Kampung Kita dan Pastikan kita Aman, Nyaman dan Bisa berlebaran dengan Baik dan tenang,” pesannya. LN-NRQ

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60