Tito Karnavian Bertemu 6 Gubernur Bahas Munas APPSI

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Jakarta, LiraNews – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian akan mengundang seluruh kepada daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota pada 13 November 2019 untuk menyinkronkan program pemerintah pusat dan daerah.

Tak hanya kepala daerah, forum komunikasi pimpinan daerah (forkompimda) juga diundang, mulai pangdam, danrem, dandim, kapolda, kapolres, kajati, kajari, hingga ketua DPRD provinsi dan kota.

Hal tersebut disampaikannya usai bertemu dengan 6 gubernur yang menjadi pengurus Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI).

Keenam Gubernur tersebut, yakni:

Ketua Umum APPSI yang juga Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Gubernur Banten Wahidin Halim, serta pelaksana tugas (plt) Gubernur Kepulauan Riau Isdianto.

Intinya, kata mantan Kapolri itu, pertemuan itu untuk menyinkronkan program pemerintah pusat dan pemerintah daerah selama lima tahun ke depan.

“Presiden akan menjabarkan visi misi melalui para menteri koordinator dan menteri yang akan disampaikan kepada para kepala daerah, “kata Tito

Yang tanggal 13 (November) itu sifatnya “top down”, tetapi kami juga ingin mendengar persoalan-persoalan yang sifatnya “bottom” up dari kepala daerah itu apa saja.

Oleh karena itu, kata Tito, jajaran kementerian dan lembaga tingkat pusat juga akan diundang dalam pertemuan itu untuk ikut mencarikan solusi.

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Sentul International Convention Center (SIIC), Bogor, Jawa Barat pada 13 November akan dihadiri seluruh kepala daerah gubernur, walikota, bupati, pangdam, danrem, dandim, kapolda, kapolres, kejati, kejari dan juga para ketua DPRD. Termasuk dari unsur Forkopimda Provinsi dan kabupaten / kota.

Tito mengingatkan bahwa salah satu tugas pemerintah pusat adalah membina, sekaligus membantu Pemda melaksanakan tugasnya dalam memberikan layanan dan pembangunan untuk kesejahteraan rakyat.

Jadi, tambahnya, ada sinkron antara pusat dan daerah. Intinya itu dari pertemuan nanti. Tito juga berusaha menghadiri acara tersebut.

“APPSI juga saya minta menyampaikan pertemuan itu kepada kepala daerah tingkat II dan jajaran forkompimda masing-masing,”ujar Tito.

Sementara itu, Ketua Umum APPSI yang juga Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola menjelaskan kedatangannya dan pertemuannya dengan Mendagri untuk melaporkan kegiatan Munas.

“Kami pengurus APPSI sowan, melapor kepada Mendagri selaku pembina kami dalam rangka Munas pada tanggal 25 – 27 November 2019,” kata Longki.

Acara Munas akan diagendakan dibuka langsung Presiden Joko Widodo dan Mendagri selaku keynote speaker sekaligus menutup Munas.

Dia berharap Munas ini direstui dan bisa dibuka langsung oleh Presiden Jokowi. Sekaligus memberikan arahan-arahan dan aspirasi dari daerah yang akan disuarakan melalui Menteri teknis terkait.

“Saya kira banyak masalah di daerah yang perlu kita sinkronkan bersama supaya pusat dan daerah selalu bersinergi dalam membangun bangsa,”ujarnya. LN-Abuzakir Ahmad.

Thu Nov 7 , 2019
Simalungun, LiraNews – LIRA Kab. Simalungun tidak tinggal diam, turun lapangan bersama beberapa pengurus dengan mendatangi lokasi jalan alternatif menuju jembatan putus berbincang bincang dengan warga. Hasil investigasi LIRA menyimpulkan jebol nya tanggul penahan air jebol mengakibatkan banjir, sehingga jembatan penghubung Siantar – Tanah Jawa putus total. Warga penguna jalan […]