Uji Coba Surabaya-Jakarta, 2 Kendaraan Listrik Gagal Sampai Finish

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Jakarta, LiraNews — Presiden Jokowi telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 untuk mendorong pengembangan kendaraan listrik.

PT PLN (Persero) bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil melakukan uji coba kendaraan listrik dari Surabaya hingga Jakarta dalam waktu enam hari.

Total kendaraan yang mampu bertahan hingga finish di Jakarta sebanyak 7 mobil dan 3 motor listrik dari 12 kendaraan listrik yang diuji coba.

Vice President Public Relation PLN, Dwi Suryo Abdullah, mengatakan, uji coba kendaraan listrik dari Surabaya hingga Jakarta sepanjang 900 kilometer (km).

“Perjalanan panjang tersebut dimulai sejak tanggal 28 Agustus hingga tiba di Kantor PLN Gambir, Jakarta Pusat pada (2/9/2019) dini hari,” ujar Dwi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/9/2019).

Sementara Direktur Regional Jawa Bagian Barat PLN, Haryanto WS mengaku bangga dengan capaian mahasiswa ITS yang tergabung dalam kelompok Jambore Kendaraan Nasional. “PLN akan terus mendukung kendaraan listrik nasional,” ungkapnya.

Dia berharap, dengan semakin banyaknya promosi kendaraan listrik, masyarakat terdorong untuk mulai menggunakan kendaraan listrik.

“Hingga saat ini PLN telah memiliki 7.000 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 3.000 lokasi yang tersebar di Indonesia,” terangnya.

Meski demikian, PLN masih akan terus meningkatkan infrastruktur pendukung untuk kendaraan listrik, misalnya pembangunan fast charging yang nantinya akan dilakukan di kota-kota besar.

Ditambah anggota Jambore Kendaraan Nasional, Firdaus, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan kendaraan listrik di kalangan masyarakat. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk membuktikan bahwa Indonesia sudah mampu membuat kendaraan listrik.

“Tujuan kami juga untuk mempromosikan kepada masyarakat Indonesia supaya mobil listrik ini bisa menjadi cemerlang dan terbaik,” katanya. LN-AZA

Wed Sep 4 , 2019
Medan, LiraNews — Baru saja dilantik jadi anggota DPRD Kota Padang Sidempuan beberapa Minggu lalu, Feryansyah Hasibuan (23) dari fraksi Hanura terpaksa melepas jabatannya sebagai anggota dewan terhormat akibat kebiasaannya mengkonsumsi narkoba jenis Shabu Shabu. FH harus berurusan dengan hukum setelah diketahui positif menggunakan shabu dan membawa alat hisap shabu […]