Wagub Sulteng dan Bupati Buol Hadiri Penyerahan Bantuan Sapi PO Betina di SMKN 1 Tiloan

Gravatar Image
  • Whatsapp

Buol, LiraNews – Wakil Gubernur Sulawesi Tengah H.Ma’mun Amin, dan Bupati Buol Amirudin Rauf menghadiri penyerahan bantuan sapi PO Betina oleh Pemerintah Kabupaten Buol kepada SMK Negeri 1 Tiloan, Desa Air Terang, Kecamatan Tiloan, Kabupaten Buol, Rabu (1/12/2021)

Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan Covid-19. Acara juga dihadiri rombongan kunjungan kerja Wakil Gubernur Sulawesi Tengah diantaranya Ibu Wakil Gubernur Sulawesi Tengah sebagai Wakil Ketua PKK Provinsi Sulteng, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulteng, Kadis Perkebunan dan Peternakan Sulteng, Kadis Pangan, kadis cikasda, kadis PMD, Kadis Kehutanan, KA BPBD provinsi, KA BPKD provinsi, KARO ADM pimpinan, Karo UMUM, Polres Buol, Danramil Buol, beserta unsur Prokopimda Buol.

Read More
banner 300250

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah H. Ma’mun Amin dalam sambutanya
Terima kasih Bupati Buol yang suda menerima saya cukup mantap dan terima kasih untuk masyarakat buol yang sudah menerima kami ,bahwa SMK SMA SLB ke depan khusus Sulawesi Tengah tidak ada pungutan orang tua alias gratis karena pak gubernur sudah mencabut aturan lama dan menerbitkan aturan baru,apresiasi kepada sekolah SMK 1 Tiloan yang cukup bagus pengembangannya

“Dan kalau saya liat ini mendukung visi misi kita kaitannya dengan sekolah pokasi yang daerah daerah industrinya ada kebutuhannya ada kita arahkan supaya tenaga kerja terserap,ucapnya dan Sulawesi tengah ke depan menjadi tulang punggung pemasok utama persiapan perpindahan ibu kota olehnya itu apa yang dilakukan SMK hari insya Allah SMK SMK yang lain juga melakukan hal yang sama dengan jenis kegiatan berbeda,program prioritas visi misi kita adalah pendidikan,disamping ada 8 perioritas lain yang segera kita laksanakan,” ungkapnya.

Lanjut Ma’mun muda mudahan apa yang saya lihat saya sampaikan ke pak gubernur untuk diprogramkan sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya karena konsep pembangunan kita adalah pemerataan berdasarkan keadilan, keadilan berdasarkan kebutuhan masyarakatnya.jadi jika di sini butuh sapi tentu kita kasih sapi insyaallah akan terealisasi dari sisi kemampuan daerah,” tandasnya

Pada kesempatan sama, Bupati Buol Amirudin Rauf menyampaikan terima kasih bapak wakil gubernur Sulawesi tengah bersama rombongan dengan jadwal begitu padat menyempatkan untuk mengunjungi SMK Tiloan ini. muda-mudahan kunjungan bapak wakil gubernur ini membawa harapan besar bagi sekolah ini menjadi sekolah vokasi studi program unggulan sektor peternakan sesuai visi yang di canangkan pemerintah provinsi mendorong tenaga tenaga kerja yang terampil.

“Kami pemerintah daerah Buol berusaha untuk meningkatkan dukungan tempat praktik, misalnya dua tahun terakhir ini pemerintah daerah sudah mencoba mengembangkan program sektor peternakan sapi. Alhamdulillah ada peningkatan di masa akan datang mini ranch akan kita optimalkan,bukan saja sebagai peternakan tetapi menjadi pusat industri peternakan dan juga kita suda mengelola kotoran ternak menjadi bio gas,” tandas Amirudin.

Amirudin juga menyebut Pemkab Buol sudah mengembangkan pupuk organik dari tenaga tenaga terampil yang nantinya dilahirkan sekolah ini,program pengembangan sapi di Buol mendapat respon yang sangat baik dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

“Bapak gubernur dan wakil gubernur yang kita ajukan untuk bantuan induk sapi betina yang diajukan1000 ekor, dan pemerintah kabupaten dengan segala keterbatasan dengan dana APBD mengalokasikan bantuan sapi untuk masyarakat kurang lebih 300 ekor di antaranya 73 sapi besar jenis PO sala satunya SMK tiloan 5 ekor sapi PO,” ucapnya.

Sementara itu kepala sekolah SMK 1tiloan mengatakan selamat datang dan terima kasih kepada Wakil gubernur bersama ibu dan rombongan.smk ini di dirikan 2010.

“Alhamdulillah saat itu kami di percayakan sebagai ketua tim pendiri dan hingga saat ini berati suda 11 tahun merintis,mulai dari cari guru tempat siswa dan sarana prasarana lainya,” ucapnya.

Lanjut Murapto, SMK Negeri 1 Tiloan ini guru PNS 9 orang,non PNS 7 orang,tata usaha PNS 1 orang dan tata usaha non PNS 1 orang,dan mempunyai 3 jurusan yakni agri bisnis ternak ruminansia, agri bisnis tanaman pangan holtikultura dan agri bisnis tanaman perkebunan.

Untuk sarana dan prasarana cukup memadai namun Masi ada yang belum di lengkapi terutama jurusan peternakan yang perlu di dorong pemerintah provinsi dan kabupaten.

“Kemitraan kami dengan pemerintah daerah tidak di ragukan lagi,tahun 2017 kami ikut serta membantu pemerintah kabupaten buol mensukseskan anak anak kami dengan adanya mini ranch cukup terbantukan karena tidak jauh jauh ke Gorontalo lagi untuk praktik dan tidak membutuhkan biaya transportasi lagi. Justru dengan adanya mini ranch anak-anak sekolah dapat uang tranportasi, dan pada periode kemarin 1200.000 apresiasi dari pemerintah daerah.

“Terima kasih pak bupati suda membantu SMK negri tiloan kami sadar bahwa sesungguhnya kewenangan SMK berada di provinsi tetapi dengan hati yang lapang bisa membantu SMK tiloan.

Di akhir acara, Wakil Gubernur Sulteng bersama Bupati Buol menyerahkan bantuan secara simbolis, sapi PO sebanyak 5 ekor ke SMKN 1 Tiloan.

Related posts