Wahai Remaja 18 Tahun Keatas, Ada Bantuan Rp3,55 Juta Buat Kalian

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews – Buat para remaja Indonesia yang berusia 18 tahun atau lebih, pemerintah menyiapkan bantuan nih buat kalian sebesar Rp3,55 juta di tahun 2021.

Caranya gampang, kalian tinggal daftarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) lewat HP. Syaratnya juga relatif mudah, kalian harus berusia 18 tahun ke atas, tidak sedang sekolah atau kuliah, dan masih menganggur alias belum dapat pekerjaan.

Read More

banner 300250

Bahkan program pemerintah ini juga boleh diikuti karyawan yang kena PKH. Kan banyak tuh, teman-teman kita yang kehilangan pekerjaan gara-gara Pandemi Covid-19. Nah, mereka juga boleh ikutan.

Agar bisa mendapat bantuan pemerintah Rp 3,55 ini, kalian harus daftar program Kartu Pra-kerja gelombang ke-12 yang dibuka awal 2021 ini.

Program Kartu Pra-kerja ini dilanjutkan pemerintah karena disambut antusias oleh masyarakat.

“Program Kartu Pra-kerja akan berlanjut di 2021 dengan pembukaan gelombang ke-12,” ujar Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu seperti disarikan dari lintasmediacyber.net.

Tapi ingat, yang sudah ikutan program ini tahun 2020 enggak boleh ikut lagi tahun ini. Gantian geh….

Nah, kalian pasti bertanya-tanya kapan mulai dibuka pendaftaran? Masalah waktu atau jadwal pendaftaran memang belum disampaikan. Sebab saat ini masih dibahas oleh manajemen bersama Komite Cipta Kerja yang akan menyusun jadwal dan mekanismenya.

Kalau kata Mba Loisa Tuhatu sih, progran Kartu Pra-kerja ini dibuat untuk meringankan beban mereka-mereka yang belum memiliki pekerjaan (pengangguran aktif), maupun kawan-kawan kita yang kena PHK dampak Pandemi Covid-19.

Intinya sih, kalau kita berhasil lolos seleksi akan mendapat sejumlah insentif untuk mengakses beragam pelatihan dan sebagainya.

Sekedar data-data, sejak program Kartu Pra-kerja dibuka 11 April 2020 hingga 23 November 2020, penerima program Kartu Pra-kerja telah mencapai 5,6 juta orang.

Secara keseluruhan, jumlah pendaftar program Kartu Pra-kerja dari gelombang I-XI telah mencapai 43 juta orang peserta. Tercatat ada 1.663 program pelatihan yang disediakan oleh 153 lembaga pelatihan.

Bila lolos, peserta akan mendapatkan insentif berupa bantuan dari pemerintah sebesar Rp3,55 juta. Meliputi uang bantuan pelatihan Rp1 juta, insentif pasca-pelatihan Rp600 ribu per bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp50 ribi untuk tiga kali.

Bursa lowongan kerja (foto: bisnis.com)

Secara keseluruhan, pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp20 triliun untuk program tersebut.

Sekarang catat ya, cara dan langkah-langkah mendaftar Kartu Pra-kerja:

1. Buat akun Kartu Prakerja

– Masuk ke www.prakerja.go.id kemudian pilih menu “Daftar Sekarang”

– Masukkan nama lengkap, alamat email, dan password

– Cek email untuk konflrmasi akun

– Setelah konflrmasi akun berhasil, kembali ke website www.prakerja.go.id

2. Isi data diri

– Masukkan email dan password

– Masukkan nomor KTP dan tanggal Iahir I lsi data dirimu dengan lengkap, seperti alamat rumah, nama lengkap, dan Iain-Iain.

– Upload foto KTP

– Masukkan nomor telepon dan kote OTP yang dikirim ke nomor ponsel.

3. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.

– Ikuti tes dengan klik “Mulai Sekarang”

– Siapkan alat tulis untuk tes online yang berlangsung selama 15 menit.

– Setelah selesai, tunggu email pemberitahuan dari Kartu Prakerja.

– Bila sudah mendapat email, segera kembali ke website untuk bergabung ke gelombang pendaftaran yang tersedia.

Sumber:lintasmediaciber.net

banner 300x250

Related posts

banner 468x60