Waketum KSPSI: Para Pekerja Harus Waspadai Penyebaran Virus Corona

  • Whatsapp
Presiden LSM LIRA HM. Jusuf Rizal
banner 468x60

Mataram, LiraNews — Wakil Ketua Umum Bidang OKK Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), HM. Jusuf Rizal menghimbau para pekerja dan buruh agar mewaspadai penyebaran Virus Corona (Covid-19) dilingkungan kerjanya. Indonesia setelah memperoleh perhatian dari WHO telah menetapkan Covid 19 sebagai bencana nasional non alam.

Hal tersebut disampaikan Jusuf Rizal kepada media di Mataram seusai melakukan rapat koordinasi tentang RUU Omnibus Law Cipta Kerja dengan DPD KSPSI (Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) Propinsi NTB yang di pimpinan Ketua DPD KSPSI NTB, Yustinus.

Para pekerja dan buruh di NTB, menurut Yustinus sudah mewaspadai penyebaran Virus Corona, sehingga dalam berkomunikasi sesama pekerja menghindari sentuhan badan. Tidak ada pelukan atau salaman. Cukup salam dengan dua tangan di dada.

Sebagai Ketua Komite Sosial KSPSI, pria berdarah Madura-Batak itu menyatakan dengan ditetapkan terjangkitnya Virus Corona di Indonesia sebagai Bencana Nasional, seyogyanya seluruh Induk Serikat pekerja dan buruh ikut memberi perhatian, khususnya yang bergerak di Industri Pariwisata, Kesehatan, Multinasional Industry, maupun pabrikan

“Jika para pekerja dan buruh ada yang terpapar Virus Corona akan dapat membahayakan dan mampu memberi pengaruh terhadap kondisi perekonomian negara. Saat ini penyebaran Virus Corona telah membuat berbagai sektor terpukul seperti pariwisata. Akibat Virus Corona pertumbuhan ekonomi bisa turun hanya 3% dari 5% yang ditargetkan pemerintah ,” tegas pria yang juga Ketum PP Federasi Serikat Pekerja Transport Seluruh Indonesia (FSPTSI) itu.

Diberbagai daerah seperti DKI Jakarta telah ikut memberi perhatian kewaspadaan terhadap penyebaran Virus Corona. DKI Jakarta bahkan telah merilis berbagai titik yang telah terjangkit Virus Corona. Solo menyatakan Darurat Virus Corona dan Kalimantan Barat menutup penerbangan ke beberapa daerah yang dianggap rawan penyebaran Virus Corona.

“Seluruh pekerja dan buruh perlu mewaspadai penyebaran Virus Corona dilingkungannya. Menjaga kebersihan dan stamina dengan mengkonsumsi Vitamin C yang cukup serta ikuti petunjuk tentang cara pencegahan menghadapi Virus Corona. Periksakan diri jika ada gejala penyakit flu, batuk, demam, sesak nafas dll,” tutur Jusuf Rizal

Ia juga meminta organisasi perusahaan seperti HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia), Kadin (Kamar Dagang dan Industri), Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) dan lain-lain memberi penyuluhan penanggulangan Virus Corona dimasing-masing anggota terkait pekerja dan buruh. LN-TIM

banner 300x250

Related posts

banner 468x60