Warga Binaan Olah Limbah Jadi Barang Berguna

  • Whatsapp
banner 468x60

Surabaya,,LiraNews – Kerajinan karya warga binaan Pemasyarakatan dari Rutan Klas 1 Surabaya ternyata sudah dikenal masyarakat luar Rutan. Terbukti, barang yang berupa karya seni epic itu sudah diperjual belikan ke masyarakat luar. Uniknya, barang yang dihasilkan oleh warga binaan itu berasal dari limbah plastik yang berada di dalam Rutan Klas 1.

Wahyu Indarto selaku Plh Kepala Rutan Klas 1 Surabaya, menerangkan bahwa pembekalan kegiatan seperti ini sangat penting untuk Narapidana yang tak lama lagi menjalani kehidupan normalnya.

” Dengan ketrampilan dan keahlian yang didapat di dalam Rutan berupa pemanfaatan limbah plastik bisa berguna saat di masyarakat nantinya,” kqtq Wahyu Indarto, Jumat (23/10/20020).

Masih kata Wahyu, banyaknya penghuni Rutan Klas 1 Surabaya ini sebanding dengan banyaknya sampah yang dihasilkan, salah satu cara mengurangi dampak kerusakan lingkungan yakni dengan mendaur ulang sampah menjadi sesuatu yang bernilai.

” Para warga binaan menciptakan kerajinan bunga hias dari bahan dasar sampah yang tidak bisa diurai yaitu plastik dan tahan liat,” terangnya.

Namun, lebih lanjut Wahyu yang juga kalapas Pasuruan ini, fokus utama sebenarnya bukan pemasaran, namun bagaimana kami bisa membina dan memberikan pelajaran untuk Warga Binaan kami sehingga nantinya ketika sudah keluar dari Rutan, Anak anak ini bisa mempunyai skill dan talenta.

” Tapi bila ada warga masyarakat ingin memiliki Limbah Epic tersebut bisa di datangi gerai pojok WBK di Rutan Klas 1 Surabaya pada hari hari tertentu,” tandasnya. LN- Alam

banner 300x250

Related posts

banner 468x60