Warga Utan Kayu Keluhkan Harga Jual Tabung Elpiji 3 Kg Melangit

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews – Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor : 104 Tahun 2007 tentang Penyediaan Pendistribusian, dan Penetapan Harga Liquefied Petrolium Gas Tabung 3 Kilogram, merupakan satu acuan pedoman dalam mekanisme pendistribusian dan penjualan hingga pada Pangkalan/Agen.

Hasil Investigasi LSM LIRA Jakarta Timur, bahwa warga sekitar keluhkan soal harga jual para pengecer atau Pangkalan/Agen Tabung Gas Elpiji 3 Kg. Dari hasil pantauan di lapangan terbukti bahwa terdapat satu Pangkalan/Agen pengecer memasok pada setiap warung Rp.20.000,00- (Dua puluh ribu rupiah), kemudian warung menjual kembali dengan harga mencapai Rp.23.000,00- (dua puluh tiga ribu rupiah) pertabungnya kepada masyarakat.

“LSM LIRA sebagai lembaga kontrol, meminta agar Agen/Pangkalan seperti ini harus mendapatkan sanksi tegas dari dinas terkait,” kata Hi.Yunus selaku Anggota Tim Investigasi LSM LIRA Jakarta.

Adapun alamat Pangkalan/Agen penjual Elpiji Bersubsidi 3 Kg itu beralamat di Jalan Nanas Raya RT 01 RW 03 Kelurahan Utan Kayu Selatan Kecamatan Jakarta Timur, dan pemilik agen tersebut panggilan kesehariannya Amir.

Dari hasil kroscek bahwa harga dari Pertamina Rp. 14.000,00 (empat belas ribu rupia) per tabung.

“Jika Pangkalan/Agen menjualnya hanya dalam kisaran kewajaran, (Rp.16.000,00-Rp.17.000,00-), itu masih dalam kewajaran, tapi jika sudah lebih dari itu berarti bisa dikategorikan penistaan pada Rakyat sekitar. Dengan adanya temuan ini, di mohon agar Dinas terkait sesegera mungkin melakukan tindakan sebelum memunculkan kegaduhan di tengah Masyarakat,” ucap Hi.Yunus. LN-TIM

banner 300x250

Related posts

banner 468x60