Waspada Jam Rolex Yang Anda Pakai Asli Atau Palsu. Ini Cara Membuktikannya

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Batam, LiaraNews — Siapa yang tak kenal brand arloji yang satu ini. Namanya sudah sinonim dengan kualitas yang berstandar tinggi. Iya, kita sedang membahas jam Rolex. Mendengar merk nya saja, sudah terbayang kemewahan dan ikon high class yang selalu melekat disetiap produk yang dirilisnya.

Ada harga tentu ada kualitas. Begitupun arloji Rolex. Dibuat dengan material terbaik dan dikerjakan secara hati hati, demi memadukan maha karya dan seni yang berpadu dalam kemewahan jam Rolex. Kita tidak akan membahas berapa harga rata rata dari setiap seri arloji Rolex. Sudah pasti berbanding lurus dengan kualitas yang dimilikinya.

Mewah dan eksklusif. Tapi tetap tidak menutup kemungkinan, hadirnya jam Rolex yang mirip tapi tidak sama. Bukan rahasia, pasar selalu bisa memanjakan pelanggan dengan produk palsu yang dibandrol dengan harga miring. So, tetap harus hati hati dalam memilih dan membeli arloji mahal ini.

Berikut ini, seperti dilansir beritabatam, beberapa tips cara membedakan jam Rolex yang melingkar ditangan kamu itu, asli atau hanya rekaan alias palsu.

Rasakan bobot ringan yang tak wajar

Rolex asli dibuat dari logam dan kristal asli, dan agak berat. Arlojinya harus terasa padat dan kokoh di pergelangan tangan Anda. Jika Rolex terasa berbobot ringan tak wajar, mungkin itu bukan kualitas terbaik; mungkin jam itu tidak memiliki beberapa logam penting yang digunakan dalam banyak model Rolex, atau mungkin arloji tersebut dibuat seluruhnya dari bahan-bahan di bawah mutu.

Perhatikan gerakan jarum detik yang tersentak-sentak

Rolex memiliki jarum detik yang berputar dengan halus di sepanjang tampilan arloji, dan bukannya melompat dari satu posisi ke posisi berikutnya. Perhatikan jarum detik arloji Anda dengan saksama, apakah gerakannya halus, mengikuti jalur dalam lingkaran sempurna mengitari tepi permukaan arloji? Ataukah terlihat lebih cepat, melambat, atau tersentak-sentak saat bergerak? Jika gerakan jarum detik tidak halus, mungkin arloji Anda imitasi alias abal-abal.

Dengarkan bunyi “tik, tik, tik”

Pada arloji biasa, gerakan jarum detiknya tersentak-sentak dan terpotong karena kebanyakan jam ini adalah jam tangan kuarsa. Jarum detik berpindah dengan kentara dari satu posisi ke posisi berikutnya. Bila Anda mendengarkan dengan saksama, biasanya Anda dapat mendengar bunyi pelan “tik, tik, tik” pada gerakannya.

Di sisi lain, Rolex (dan banyak arloji mahal lainnya) memiliki jarum detik yang bergerak nyaris halus sempurna, karena gerakannya otomatis dan bukan kuarsa. Oleh karena itu, Rolex tidak menimbulkan suara “tik” seperti jam kuarsa. Jika Anda mendengar suara “tik” yang lambat di arloji Anda, artinya Anda tidak sedang mengenakan Rolex yang asli. Suara yang Anda dengar harus lebih cepat daripada jam yang menggunakan baterai.

Perhatikan bagian belakang/punggung arloji yang bening

Sebagian Rolex imitasi mempunyai sebuah kaca bening di belakang sehingga Anda dapat melihat bagian dalam arloji. Bagian belakang yang bening ini tersembunyi (atau mungkin tidak) di bawah sebuah penutup logam yang dapat dilepas.

Faktanya, saat ini tidak ada model Rolex yang memiliki jenis selubung belakang seperti itu. Jadi, jika arloji Anda seperti itu, itu bukan Rolex asli. Hanya beberapa Rolex pernah dibuat dengan fitur itu, dan semuanya hanya replika pameran.

Perhatikan “pembesaran” palsu pada tanggal

Rata-rata arloji Rolex memiliki sebuah lempeng/cakra jam (dial) atau jendela kecil yang menampilkan tanggal. Biasanya ini terletak di sebelah kanan tampilan arloji (dekat pukul 3). Agar cakra ini lebih mudah dibaca, Rolex menambahkan sebuah lensa pembesar berukuran kecil (kadang disebut cyclops) di kaca di atas cakra.

Bagian ini sulit ditiru, jadi banyak Rolex palsu hanya menampilkan sesuatu yang terlihat seperti panel pembesar, tapi begitu dilihat dengan saksama ternyata hanya kaca biasa. Jika panel pembesar di atas cakra tanggal tidak terlihat membuat angka pada tanggal terlihat lebih besar, bisa jadi itu palsu.

Kendurkan batang putaran arloji dan putar kembali jarumnya untuk mengubah tanggal

Tanggal akan berubah ke tanggal sebelumnya ketika berada di posisi 6, bukan 12. Hal ini hampir mustahil untuk ditiru. Jika jam Anda tidak melakukan hal ini kemungkinan palsu.

Perhatikan susunan non-logam

Periksa punggung arloji yang harusnya terbuat dari logam lembut, tak bertanda, dan berkualitas tinggi. Sabuknya (band, atau yang berfungsi melingkari tangan) terbuat dari kulit, atau susunan logam berkualitas tinggi. Jika ada bagian arloji yang terbuat dari plastik atau logam tipis murahan seperti aluminium, itu adalah jam palsu.

Kualitas ini adalah pertanda jelas bahwa ada penghematan bahan dalam proses pembuatannya. Rolex asli hanya terbuat dari bahan-bahan terbaik. Tidak ada bahan yang dilewati dalam pembuatan setiap arloji.

Uji ketahanan airnya

Satu cara pasti untuk menentukan apakah sebuah Rolex asli atau tidak adalah melihat apakah arlojinya tahan air. Semua arloji Rolex dibuat kedap air dengan sempurna; jika arloji Anda basah meski hanya sedikit, mungkin itu palsu.

Untuk menguji apakah arloji Anda tahan air, isi sebuah gelas dengan air, pastikan batang putaran arloji telah diketatkan, lalu celupkan arloji ke dalam gelas selama beberapa detik, dan tarik keluar. Arloji seharusnya masih berfungsi dengan baik dan Anda tidak akan melihat ada air sedikit pun di dalam cakra. Jika terlihat air, Anda sedang memegang arloji palsu.

Jika semua cara gagal, bandingkan arloji Anda dengan benda aslinya

Bila Anda masih tidak yakin Rolex Anda asli, ada baiknya membandingkan tampilan arloji Anda dengan tampilan arloji yang seharusnya. Situs web Rolex berisi katalog semua arloji yang Rolex produksi, disertai gambar tiap-tiap arloji. Cari model arloji Anda di situs Rolex, lalu bandingkan tampilannya dengan gambar “acuan” yang tersedia.

Beri perhatian khusus pada cakra; apakah semuanya tersusun seperti seharusnya? Bila arloji Anda punya cakra ekstra seperti kronograf atau cakra tanggal, apakah letaknya tepat? Apakah semua ukiran serupa? Apakah huruf/penulisannya sama?

Punya arloji Rolex melingkar ditangan, tentu sebuah kebanggan sekaligus penghargaan pada sukses yang telah dicapai. Semoga, tips diatas  bisa membantu, agar terhindar dari jerat Rolex abal abal LN-RED

Tue Jul 30 , 2019
Jakarta, LiraNews – Gubernur DKI Jakarta, H. Anies Baswedan memberikan apresiasi terhadap acara yang digelar oleh Dinas DKPKP dengan didukung beberapa pihak terkait, seperti dari PLN dan FKH IPB. Diharapkan setelah dilatih dan mendapatkan sertifikat, para peserta secara resmi  menjadi handal, profesional dan sesuai dengan syariat islam dalam melakukan pemotongan […]