Word Cleanup Day, Pemkab Tolitoli Lakukan Bersih-bersih Lingkungan Secara Massif

Gravatar Image
  • Whatsapp

Tolitoli, LiraNews – Pemerintah Kabupaten Tolitoli mengerahkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) serta masyarakat untuk melakukan bersih-bersih lingkungan, Rabu (22/9/2021).

Aksi bersih-bersih ini dalam rangka peringatan World Cleanup Day (WCD) alias hari bersih se-dunia. Aksi bersih-bersih ini tak hanya diwajibkan bagi pegawai di ibu kota kabupaten, juga kepada ASN di Kecamatan dengan melibatkan masyarakat umum.

Di dalam Ibu Kota Kabupaten Kota, kegiatan ini dipimpin langsung oleh Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya dan Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan yang diawali dengan pelepasan secara ceremonial di Taman Kota Gaukan Muhammad Bantilan Tolitoli.

Peringatan Hari Bersih se-Dunia juga dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Moh. Asrul Bantilan, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), seluruh Pejabat Pemerintah Daerah serta pejabat dan karyawan Instansi vertikal, BUMN dan BUMD yang ada di Kabupaten Tolitoli. Di seluruh wilayah Kecamatan kegiatan serupa juga dilaksanakan yang dipimpin oleh Camat masing-masing bersama unsur Forum koodinasi Pimpinan di Tingkat Kecamatan.

Word Cleanup Day (WDC) merupakan suatu gerakan yang diinisiasi komunitas WCD Indonesia dengan melakukan kegiatan bersih-bersih atau pungut sampah yang sudah dilakukan sejak tahun 2018.

Gerakan ini didasari oleh rasa kepedulian terhadap lingkungan yang semakin banyak sampah. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia sangat mendukung kegiatan ini dengan mendorong peningkatan kepedulian dan perubahan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah.

Rangkaian kegiatan WCD tahun 2021 dilakukan pada 12-24 September berupa aksi _Cleanup_ dan pilah sampah dari rumah dengan tema “Bersatu untuk Indonesia Bersih” yang relevan dengan kondisi wabah pandemi virus Corona yang saat ini sedang dihadapi(Asriati/FG_LN)

Related posts