Yorrys : Pelaksanaan Munas Harus Dipercepat, Airlangga Coreng Muka Golkar

  • Whatsapp
banner 468x60

LiraNews, Jakarta – Desakan untuk mempercepat Munas Golkar berembus keras setelah ada kekecewaan di internal partai. Suara yang menginginkan perubahan muncul karena kepemimpinan Airlangga dianggap gagal mengkonsolidasikan kekuatan untuk mempertahankan kursi Golkar di parlemen.

Hal ini terutama terkait dengan kepemimpinan Airlangga Hartanto yang dianggap tidak mampu memenuhi target kursi pada Pemilu 2019 ini. Di Pemilu 2014, Golkar berhasil memperoleh 91 kursi, sedangkan pada 2019 hanya mendapat 86 kursi dari target awal 110 kursi.

“Dimata internal Pak Airlangga sudah mencoreng muka Golkar karena gagal. Salah satu penyebabnya karena sibuk sebagai menjadi Menteri Perindustrian,” ujar Politikus senior Golkar, Yorrys Raweyai

Ia berharap pelaksanaan Munas Golkar harus dipercepat. Sehingga struktur-struktur baru Golkar sudah dibentuk sebelum Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik kabinet baru pada Oktober mendatang.

“Kalau dipercepat ada pilihan. Partai bisa menentukan kader-kadernya yang akan diajukan untuk duduk di kabinet,” katanya.

Yorrys menegaskan, sejumlah kader menginginkan adanya perubahan alias pergantian kepemimpinan. Menurutnya, desakan untuk mempercepat munas bukan sesuatu hal yang sulit. Hal ini juga merupakan konsekuensi logis yang harus diterima.

Seperti diketahui, masa jabatan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto akan berakhir pada Desember mendatang. Sesuai agenda politik partai, penyelenggaraan munaslub jatuh pada Desember 2019.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo dan Airlangga Hartarto yang menjabat sebagai Menteri Perindustrian ini disebut oleh sejumlah pihak sebagai calon kuat ketua umum Partai Golkar di periode mendatang.

Namun, Yorrys mengingatkan Ketum Golkar mendatang harus fokus, tidak merangkap jabatan.

“Jangan mau semua kan, nanti udah ketum, menteri juga. Ketua umum harus fokus, sebab, kita harus mulai berpikir untuk 2024,” tutup Ketua KSPSI (Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) ini. LN-MHS

banner 300x250

Related posts

banner 468x60