Yorrys Tak Maju Lagi, Surya Batubara Siap Pimpin KSPSI

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Jakarta, LiraNews —- Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja Transport Indonesia (FSPTI), Surya Batubara menyatakan siap pimpin KSPSI (Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) pada Kongres KSPSI yang diagendakan bulan Desember 2019. Yorrys Raweyai sendiri telah menyatakan tidak akan maju lagi menjadi Ketua Umum KSPSI, 2019-2024.

 

“Sesuai dengan statemen Ketua Umum Yorrys Raweyai pada saat Buka Bersama KSPSI tahun 2019, beliau sudah tidak mau maju lagi sebagai Ketua Umum dan menyerahkan kepada generasi baru. Karena itu saya akan maju dan siap memimpin KSPSI lima tahun kedepan,” tegas Surya Batubara menjawab pertanyaan media di Jakarta.

Menjelang kongres setelah Ketum KSPSI Periode 2014-2019, Yorrys Raweyai pasca dalam berbagai kesempatan menyatakan tidak akan maju lagi mencalonkan diri menjadi Ketum KSPSI, periode 2019-2029, kader-kader muda KSPSI mulai bermunculan. Sejumlah nama seperti Surya Batubara mulai berani tampil mencalonkan diri dan siap pimpin konfederasi Serikat buruh tertua di Indonesia itu (tahun 1973).

 

Menurut pantuan media, nama-nama lain yang muncul, baik sebagai Ketua Umum maupun Sekretaris Jenderal, antara lain Arief Minardi (Ketum FSP LEM), Bibit (Ketum FSP NIBA), Arnold Sihite (Ketum FSP PPMI), Ketua DPD KSPSI Propinsi Banten, Dedi Sudarajat, Helmy Salim (Ketua Umum, FSP TSK), Sudarto (Ketua Umum FSP RTMM), M. Jumhur Hidayat dan Ketua Umum FSP KPI, Mathias Tambing, dll

Menurut Surya Batubara yang juga berprofesi sebagai pengacara itu, ia maju dengan tekad ingin memajukan organisasi KSPSI. Bagaimana mengejawantahkan Bina, Lindung dan Sejahtera agar dirasakan manfaatnya oleh anggota Serikat pekerja. Bukan jadi sapi perah oknum tertentu yang membuat konstitusi organisasi diabaikan dan memunculkan potensi konflik di internal anggota organisasi KSPSI.

“Saya akan minta arahan, masukan dan dukungan dari Ketum Yorrys serta peserta yang memiliki hak suara sah di kongres nanti. Baik Federasi SPA, maupun suara DPD dan DPC KSPSI yang sah. Jika terpilih saya siap berkolaburasi untuk menyusun struktur dengan figur-figur yang profesional dan modern,” tegas Pria dari Batak itu.

Sementara secara terpisah Wakil Ketua Umum bidang OKK (Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan) DPP KSPSI, HM. Jusuf Rizal ketika diminta komentarnya melalui surat elektronik, menyebutkan munculnya nama-nama yang siap maju di Kongres KSPSI, merupakan hal yang bagus dan positif.

“Ini hal yang baik. Berarti Ketum Yorrys telah mampu melakukan kaderisasi di KSPSI. Munculnya nama-nama yang ingin memimpin KSPSI harus disambut positif. Biarkan mereka berkompetisi secara sehat dan demokrasi karena sekarang sudah eranya anak muda,” tegas pria yang juga menjadi Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja Transport Seluruh Indonesia (FSPTSI) itu.

Berdasarkan catatan redaksi Organisasi KSPSI merupakan organisasi tertua di Indonesia dengan jumlah anggota kurang lebih tujuh juta pekerja, baik formal maupun non formal. Organisasi ini sempat mengalami perpecahan dan kemudian melakukan rekonsiliasi antara Pimpinan Yorrys Raweyai dan Pimpinan Syukur Sarto. Di dalam organisasi KSPSI tergabung 17 Federasi Serikat pekerja, termasuk FSPTI, Pimpinan Surya Batubara. LN-RED

Mon Sep 23 , 2019
Surabaya, LiraNews – Tour of Duty dan Tour of Area dilingkungan Kepolisian Daerah Jawa Timur dilakukan pada hari ini di ruangan Mahameru, Senin (23/9/2019). Sertijab dipimpin oleh Kapolda Jatim Irjen. Pol. Luky Hermawan, M.Si,. Sebanyak 3 (Tiga) Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim dan 15 Kapolres Jajaran Polda Jatim. Tepat jam […]