Zulhas Pecah Rekor Ketum PAN Dua Periode

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews – Kongres V Partai Amanat Nasional (PAN) akhirnya menetapkan Zulkifli Hasan menjadi ketua umum untuk periode 2020-2025.

Ia menang dalam pemungutan suara melawan dua pesaingnya, yaitu Mulfachri Harahap dan Dradjad Wibowo. Ia mendulang 331 suara, sedangkan, Mulfachri mendapatkan 225 suara, dan Dradjad Wibowo memperoleh 6 suara. Sementara itu, terdapat 3 suara tidak sah.

Read More

banner 300250

Zulhas pun dilantik dalam nuansa seremoni kemenangan dibacakan anggota Steering Committee dalam Kongres V PAN, Totok Daryanto. Hasil ini membuat nama Zulhas berkibar.

Ia menjadi orang pertama yang menjabat ketua umum dua kali berturut-turut dalam sejarah partai berlambang matahari terbit.

Zulhas juga sosok yang komplit, karena pernah menjadi menteri di era pemerintahan SBY dan menjadi Ketua MPR RI pada periode 2014-2019. Kini ia menjabat pula srbagai Wakil Ketua MPR.

Sosok Zulhas sendiri dikenal sebagai figur yang dekat dengan kekuasaan era Jokowi. Tak heran, jika para pakar politik menyebut di bawah kendali Zulhas, PAN tak akan menjadi partai yang benar-benar oposan terhadap pemerintah.

“Kalau pun oposisi pemerintahan Jokowi, PAN adalah oposisi yang soft. Bukan oposisi yang galak. Begitu kira-kira,” ujar pengamat politik Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60