Penilaian Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Kabupaten Buol Tahun 2024, Tim Penilai Sambangi Desa Jatimulya

Buol, LiraNews – Hari pertama Penilaian lomba Desa dan kelurahan Tingkat kabupaten buol dilaksanakan di Desa jatimulya,kecamatan tiloan dan Desa Lamadong 1,kecamatan Momunu Kabupaten buol, Senin (22/4/2024).

Adapun pelaksanaan lomba Desa oleh Pemkab Buol ini bukan sekedar ajang Kompotisi,melainkan upaya pemerintah untuk mengidentifikasi Desa dengan kinerja terbaik sebagai lokasi percontohan dalam mempercepat pembangunan serta mendorong Desa Berinovasi dalan pemerintahan Desa di Kabupaten Buol.

Tujuan Lomba Desa itu sendiri meliputi evaluasi kinerja pemerintahan desa dalam berbagai bidang seperti kewilayahan dan Kemasyarakatan.

Selain itu lomba desa juga bertujuan untuk mengapresiasi capaian kinerja desa dan kelurahan selama satu tahun terakhir dalam meningkatkan Kwalitas Hidup masyarakat dan sebagai wadah publikasi dalam menyebarkan inovasi dan serta potensi yang dimilikinya

Pj Kepala Desa Jatimulya Salmun D.S.sos menyampaikan dalam sambutannya Dari berbagai Aspek Pembangunan Desa jatimulya seperti bidang pendidikan telah tersedia fasilitas, seperti sekolah PAUD/TK,SMP serta bidang kesehatan juga terdapat Pustu dan Puskedes serta tenaga medisnya

“Selain itu berbagai posyandu dan posbindu,sementara pada sektor ekonomi manyoritas penduduk bekerja sebagai karyawan dan sebagai petani danagan komoditas Unggulan seperti jagung dan kelapa sawit,” paparnya.

Tidak hanya itu, Desa Jatimulya juga aktif dalam membangun infrastruktur ekonomi melalui BUMDes dan usaha mikro seperti warung, kios sembako, hingga penggilingan padi. Untuk peningkatan produksi pertanian dan Perkebunan, BUMDes telah ikut andil khususnya pembangunan dan peningkatan jalan usaha tani dengan menyiapkan alat berat berupa excavator yang dapat digunakan warga dengan sistem sewa.

Sementara itu, Bidang Keamanan dan Ketertiban dipegang oleh linmas dan aparat keamanan yang bekerja sama dengan masyarakat secara aktif. Kemudian dalam pemerintahan desa, melibatkan tiga pilar pemerintahan dengan baik.

“Lembaga kemasyarakatan seperti PKK, karang taruna, LPMD, dan lembaga adat juga turut berperan dalam pembangunan desa. Melalui sinergi antara pemerintah desa dan berbagai lembaga kemasyarakatan, Desa Jatimulya berkomitmen untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kondisi serta kesejahteraan masyarakatnya,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, diantaranya: Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Buol, Pimpinan Dinas PMD, Kadis Kominfo, TP PKK, Camat, Kepala Desa bersama Aparat Desa Jatimulya dan Lamadong I, tokoh masyarakat, tokoh perempuan serta masyarakat desa. LN- Syabru/Humas Diskominfo

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *